Kendaraan ODOL Masih Jadi Sorotan Ditjen Hubdat

Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub, Risal Wasal.
Sumber :
  • Dok: Kemenhub

VIVA – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, tetap bertekad untuk menjadikan Indonesia bebas dari kendaraan yang Over Dimension Over Loading atau ODOL pada 2023.

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

“Tilang belum memberikan efek jera, dan saya perhatikan instrumen yang memberi jera adalah imbauan dan juga pasal 277 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, karena ada hukuman dan denda yang dikenakan pada operator dan karoseri,” ujar Dirjen Hubdat Kemenhub, Budi Setiyadi beberapa waktu lalu.

Budi menjelaskan, jika pihaknya akan memperketat pengujian kendaraan yang ada di daerah-daerah untuk mencegah adanya paktik ODOL.

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

“Kalau tidak sesuai, akreditasi akan kami tutup sambil mereka melengkapi alat dan petugas berkompetensi, karena semua ini arahannya untuk keselamatan,” tuturnya.

Berbagai cara dilakukan oleh Ditjen Hubdat, untuk memperbaiki ekosistem dari hulu sampai hilir. Salah satunya, yakni dengan menggelar Pekan Keselamatan Jalan atau PJK di Sulawesi Utara, yang bertujuan membantu dalam mengedukasi dan menyosialisasikan untuk menyuarakan aksi keselamatan jalan.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

“Acara PKJ ini dilaksanakan, untuk menyatukan persepsi dan pemahaman arti pentingnya keselamatan jalan," ujar Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub, Risal Wasal melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Minggu 24 Oktober 2021.

Acara Ditjen Hubdat Kemenhub di Sulawesi Utara.

Photo :
  • Dok: Kemenhub

Rangkaian kegiatan PKJ ini telah dimulai sejak September 2021, bertepatan dengan Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2021. Acara yang digelar yakni:

1. Lomba Mural yang bertemakan "Stop ODOL Untuk Keselamatan Trans Jalan pada 9 - 15 September 2021 di UPPKB Wangurer
2. Lomba Video Durasi Pendek yang bertemakan "Mari Jo Torang Jadi Pelopor Keselamatan Jalan" pada 11 - 20 September 2021
3. Semiloka Penguji Kendaraan Bermotor se-Provinsi Sulawesi Utara pada 18 - 19 September 2021 di Hotel Villa Emitta, Tomohon
4. Sosialisasi ODOL bagi pengemudi Truk pada 21 - 23 September 2021 di UPPKB Wangurer dan UPPKB  Inobonto
5. Webinar Keselamatan Jalan bagi Pelajar dan Mahasiswa dengan tema "Teman Sejati" pada 9 Oktober 2021 di Terminal Tipe A Tangkoko
6. Semiloka Perizinan Angkutan Umum dan Sistem Manajemen Keselamatan bagi operator angkutan umum pada 22 Oktober 2022 di Hotel Four Points Manado.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya