Saat MotoGP, Penonton Gak Boleh Bawa Kendaraan ke Sirkuit Mandalika

Penonton Swafoto di Sirkuit Mandalika
Sumber :
  • VIVA/ Satria Zulfikar

VIVA – Sirkuit Mandalika dianggap telah berhasil menyelenggarakan ajang balap kelas dunia bertajuk World Superbike, rencananya sirkuit kebanggan masyarakat Indonesia ini akan menyelenggarakan tes pra musim dan seri kedua MotoGP, pada bulan Februari dan Maret 2021.

Video Marc Marquez Kecelakaan saat Pimpin Balapan hingga Gagal Finis di MotoGP Amerika 2024

Menurut Tim Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP),terdapat beberapa catatan yang perlu menjadi perhatian khusus agar Mandalika siap menyambut gelaran MotoGP 2022 yang merupakan ajang balap internasional berskala lima kali lebih besar dari WSBK.

Tribun Mandalika.

Photo :
  • VIVA Otomotif.
Maverick Vinales Won the 2024 American MotoGP Race

"Kami melihat event ini berhasil sesuai target pemerintah, penonton mencapai target 25 ribu orang. Namun untuk event yang lebih besar seperti MotoGP, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Dengan waktu persiapan yang singkat selama 3 bulan, KSP akan mendukung penuh proses perbaikannya," ungkap Albertien Pirade, Tenaga Ahli Utama KSP dikutip dari Antara, Kamis 25 November 2021. 

Lebih lanjut Albertien menyampaikan bahwa salah satu hal yang perlu mendapatkan perhatian serius adalah infrastruktur drainase yang tidak mampu menampung air secara optimal akibat curah hujan tinggi. “Air menggenang di beberapa titik, namun bukan di lokasi yang vital yang dapat mengganggu jalannya pertandingan,” katanya.

Klasemen MotoGP 2024: Jorge Martin Pertama, Vinales Masuk 3 Besar Usai Menang di Amerika

Selain itu, Kementerian Perhubungan juga turut mendukung kelancaran penyelenggaraan acara WSBK 2021. Salah satunya yaitu mempersiapkan manajemen rekayasa lalu lintas, agar mobilitas pergerakan orang dan kendaraan pada saat event berlangsung dapat berjalan dengan selamat, aman, nyaman, tertib dan sehat, dengan mengutamakan protokol kesehatan yang ketat.

"Kami telah menyediakan shuttle bus yang akan berkeliling di sejumlah titik di area penyelenggaraan acara, untuk digunakan para tim official dan penonton. C" ujar Adita Irawati, Juru Bicara Kementerian Perhubungan.

Artinya jika kebijakan tersebut dianggap berhasil besar kemungkinan akan berlaku pada saat penyelenggaraan MotoGP, seperti tidak ada kendaraan pribadi yang melintas di area penyelenggaraan. Apalagi sejumlah sarana transportasi juga disiapkan untuk melancarkan konektivitas, dari dan menuju Mandalika.

Sirkuit Mandalika

Photo :

Seperti penyediaan transportasi massal bus untuk menghubungkan antara Mandalika, dengan bandara Lombok, dan sejumlah pelabuhan yakni Gilimas, Kayangan, Bangka, dan Mataram, melalui skema Buy The Service (BTS). 

Kemudian, pemerintah juga menyiapkan kapal cepat untuk melancarkan konektivitas antara Lombok dengan daerah sekitar seperti Padang Bai, Lembar, Sumbawa, dan Bali.

Selain melakukan manajemen rekayasa lalu lintas, sejumlah hal lainnya yang telah disiapkan Kemenhub diantaranya yaitu meningkatkan fasilitas Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, pembangunan Pelabuhan Laut Gilimas, pemberian subsidi operasional angkutan antar moda dari dan ke kawasan wisata Mandalika, pembangunan fasilitas pendukung integrasi moda, pembangunan fasilitas perlengkapan jalan, dan peningkatan pelayanan angkutan penyeberangan dari dan ke Pulau Lombok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya