Saat MotoGP, Penonton Gak Boleh Bawa Kendaraan ke Sirkuit Mandalika

Penonton Swafoto di Sirkuit Mandalika
Penonton Swafoto di Sirkuit Mandalika
Sumber :
  • VIVA/ Satria Zulfikar

VIVA – Sirkuit Mandalika dianggap telah berhasil menyelenggarakan ajang balap kelas dunia bertajuk World Superbike, rencananya sirkuit kebanggan masyarakat Indonesia ini akan menyelenggarakan tes pra musim dan seri kedua MotoGP, pada bulan Februari dan Maret 2021.

Menurut Tim Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP),terdapat beberapa catatan yang perlu menjadi perhatian khusus agar Mandalika siap menyambut gelaran MotoGP 2022 yang merupakan ajang balap internasional berskala lima kali lebih besar dari WSBK.

Tribun Mandalika.

Tribun Mandalika.

Photo :
  • VIVA Otomotif.

"Kami melihat event ini berhasil sesuai target pemerintah, penonton mencapai target 25 ribu orang. Namun untuk event yang lebih besar seperti MotoGP, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Dengan waktu persiapan yang singkat selama 3 bulan, KSP akan mendukung penuh proses perbaikannya," ungkap Albertien Pirade, Tenaga Ahli Utama KSP dikutip dari Antara, Kamis 25 November 2021. 

Lebih lanjut Albertien menyampaikan bahwa salah satu hal yang perlu mendapatkan perhatian serius adalah infrastruktur drainase yang tidak mampu menampung air secara optimal akibat curah hujan tinggi. “Air menggenang di beberapa titik, namun bukan di lokasi yang vital yang dapat mengganggu jalannya pertandingan,” katanya.

Selain itu, Kementerian Perhubungan juga turut mendukung kelancaran penyelenggaraan acara WSBK 2021. Salah satunya yaitu mempersiapkan manajemen rekayasa lalu lintas, agar mobilitas pergerakan orang dan kendaraan pada saat event berlangsung dapat berjalan dengan selamat, aman, nyaman, tertib dan sehat, dengan mengutamakan protokol kesehatan yang ketat.

"Kami telah menyediakan shuttle bus yang akan berkeliling di sejumlah titik di area penyelenggaraan acara, untuk digunakan para tim official dan penonton. C" ujar Adita Irawati, Juru Bicara Kementerian Perhubungan.