Taiwan Pamer Teknologi Otomotif Masa Depan di Indonesia

Teknologi mobil otonom.
Teknologi mobil otonom.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Tahun ini banyak mobil baru dijual di Indonesia, yang dibekali dengan fitur canggih untuk membantu perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman. Teknologi tersebut dikenal dengan nama Advanced Driver Assistance System atau ADAS.

Beberapa model kendaraan yang dipasarkan di luar negeri sudah mulai menerapkan ADAS level tiga, sementara mobil yang dijual di Tanah Air masih memakai level dua. Padahal, teknologinya sudah banyak ditawarkan oleh para penyedia komponen, seperti dari Taiwan.

Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, Kukuh Kumara mengatakan bahwa untuk penerapan teknologi di industri otomotif nasional memerlukan penyesuaian.

"Terkait dengan ADAS, kita secara bertahap meningkatkan upaya keselamatan di dalam kendaraan. Fitur seperti itu butuh penyesuaian. Ketika penyesuaian sudah tepat dan bisa diterima para pelaku industri, maka itu bisa diterapkan,” ujarnya saat menghadiri webinar Taiwan Automobile, dikutip VIVA Otomotif Jumat 26 November 2021.

Pameran otomotif Taipei AMPA.

Pameran otomotif Taipei AMPA.

Photo :
  • Dok: Taipei AMPA

Kukuh berpendapat, penerapan ADAS dan teknologi lain seperti Fleet Management System akan sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mengurangi angka kecelakaan serta mencapai zero Over Dimesion Overload atau ODOL pada 2023.

"Tentunya, pilihan tersebut bisa sejalan dengan visi Indonesia dan kesadaran masyarakat untuk mendapatkan kendaraan yang mengutamakan keselamatan. Tentu, ini bisa dipakai dan tercipta integrasi,” tuturnya.