Seliweran di Langit Bali, Intip Spesifikasi Taksi Terbang EHang 216

Uji coba terbang EHang 216
Sumber :

VIVA – Taksi terbang EHang 216 sudah seliweran di atas langit Bali dalam acara uji coba atau fligt demo, pekan lalu. Ini hasil kerjasama antara Prestige Aviation dengan EHang membawa Unmanned Aerial Vehicle (UAV) pertama di Indonesia.

Pemerintah Ingin Taksi Terbang Meluncur dalam 2 Tahun

Presiden Direktur Prestige Image Motocars Rudy Salim mengatakan uji coba taksi terbang perdana ini merupakan tonggak sejarah bagi Indonesia. Di mana, nantinya EHang akan jadi alat transportasi di sana.

"Prestige Aviation menandai momen bersejarah di Indonesia hari ini dengan menerbangkan EHang 216 Autonomous Aerial Vehicle melintasi langit Bali untuk pertama kalinya," tulis Rudy Salim dikutip dari unggahan Instagram-nya.

Taksi Terbang Airbus Siap Beroperasi Akhir Tahun Ini

Uji coba terbang EHang 216

Photo :
  • Prestige Aviation

Demonstrasi kontrol pada pusat komando dan koordinasinya berjalan lancar pada flight demo EHang 216. Berhasil mengudara mengitari rute yang telah diizinkan dari Direktorat Navigasi Penerbangan.

Dubai Akan Luncurkan Taksi Terbang Pertama pada 2026

EHang 216 diklaim lebih unggul dari pesawat berawak tradisional karena konsep teknologi EHang AAV mengikuti 3 filosofi yaitu: 1.Tingkat keamanan maksimum 2.Pengendalian tanpa awak 3.Kontrol dari pusat komando dengan kendali cerdas.

Teknologi penerbangan otonom mengurangi kemungkinan kegagalan atau kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan manusia (human error). Tanpa perlu ribet mengontrol atau mengoperasikan pesawat, penumpang bisa langsung duduk dan menikmati perjalanan.

Tanpa awak, EHang 216 dikendalikan melalui pusat komando dengan kendali cerdas. Menggunakan seperangkat sistem intuitif, EHang 216 menyediakan lima fungsi inti yaitu: pemantauan, perjalanan terbang, pengendalian, peringatan dini, dan manajemen kluster.

Uji coba terbang EHang 216

Photo :
  • Prestige Aviation

Dengan menggunakan tenaga listrik, EHang 216 ramah lingkungan dan dapat mengurangi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh emisi. Pengisian daya dapat menggunakan sumber daya listrik 220V atau 380V dalam 1 jam pengecasan paling cepat.

Spesifikasi EHang 216:
• Tinggi pesawat 1.77m
• Lebar pesawat 5.61m
• Muatan maksimal 220 kg
• Jarak terbang dengan muatan maksimal 35 km
• Kecepatan maksimal 130km/jam

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya