BBM Diesel Berstandar Eropa Tersedia di Indonesia

SPBU Shell
SPBU Shell
Sumber :
  • Dok: Shell Indonesia

VIVA – Meski pasar otomotif di Indonesia didominasi kendaraan yang menggunakan mesin bensin, namun tidak sedikit juga masyarakat yang lebih memilih versi diesel.

Salah satu alasannya yakni karena torsi yang dihasilkan jauh lebih besar, sehingga ideal untuk jenis mobil yang memiliki bodi bongsor seperti sport utility vehicle maupun multi purpose vehicle.

Perkembangan teknologi mesin diesel juga semakin maju, sehingga bisa menghasilkan emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan. Hal ini ditunjang dengan ketersediaan bahan bakar minyak atau BBM dengan kualitas yang tinggi.

Seperti yang ditawarkan oleh Shell Indonesia, perusahaan Inggris-Belanda tersebut memiliki produk BBM diesel yang diklaim sudah berstandar Euro 5 seperti yang ada di Eropa. Produk yang diberi nama Shell V-Power Diesel itu, memiliki angka setana 51 dan kandungan sulfur 10 particles per millions atau ppm.

Ilustrasi mesin diesel di mobil Hyundai Palisade.

Ilustrasi mesin diesel di mobil Hyundai Palisade.

Photo :
  • viva.co.id/ Pius Mali

“Untuk mendukung penggunaan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan, kami wujudkan melalui penawaran produk Shell V-Power Diesel yang telah memenuhi standar emisi Euro 5,” ujar Presiden Direktur dan Direktur Mobility Shell Indonesia, Dian Andyasuri melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Senin 17 Januari 2022.

Pihak Shell Indonesia mengatakan, produk BBM yang telah tersedia sejak tahun lalu itu bisa diaplikasikan pada mesin diesel modern, misalnya Hyundai Palisade dan Santa Fe yang didukung mesin 2.200cc.