Cara Pasang Foto Keren di Surat Izin Mengemudi SIM

Perekeman data pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ardiansyah

VIVA – Setiap orang yang hendak mengoperasikan kendaraan bermotor di jalan raya, wajib membawa beberapa dokumen. Mulai dari surat tanda kendaraan bermotor atau STNK, hingga surat izin mengemudi atau SIM.

Merinding, Beredar Gambar yang Diduga Penampakan Seorang Youtuber Cantik Swafoto dengan Setan

Masing-masing dokumen memiliki masa berlaku, seperti SIM yang masa berlakunya harus diperpanjang setiap lima tahun. Prosesnya bisa dilakukan di Satpas, atau mobil keliling yang disediakan oleh Korps Lalu Lintas Polri di masing-masing wilayah.

Selain mengisi data dan cek kesehatan serta ujian psikotest, pemohon perpanjangan SIM juga wajib difoto sebagai alat bukti bahwa ia merupakan pemilik sah dokumen tersebut.

Ternyata Syarat Usia Minimal Punya SIM Tidak Semuanya 17 Tahun, Cek Aturannya

Salah satu hal yang kerap dikeluhkan oleh para pemilik SIM, yakni hasil foto yang dianggap kurang menarik. Hal itu bisa karena mereka tidak sempat merapikan diri, atau mengenakan baju yang biasa-biasa saja.

Ilustrasi membuat SIM.

Photo :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan
Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Namun, kini ada cara supaya foto diri kamu di SIM bisa terlihat keren. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Twitter milik @BegawanBima, Rabu 19 Januari 2022, yang perlu dilakukan adalah memperpanjang masa berlaku SIM secara online.

Korlantas Polri telah menyediakan fasilitas berupa aplikasi, yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan perpanjangan masa berlaku SIM tanpa harus keluar dari rumah.

Langkah pertama yakni mengunduh aplikasi Digital Korlantas Polri, lalu isi data diri sesuai identitas. Kemudian, siapkan e-KTP serta foto tanda tangan dan foto diri dengan latar belakang warna biru.

Nanti, foto dikirim bersama syarat lainnya lewat internet. Petugas kemudian akan memeriksa, apakah foto tersebut sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Jika semua dianggap sah, maka langah berikutnya adalah melakukan pembayaran dan SIM akan dikirim via pos.

“Pastikan SIM mu sudah masuk h-90. Masa berlaku SIM adl tanggal cetaknya,” tulis pemilik akun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya