Daihatsu Terios 7 Wonders Nusantara: Menengok Rusa Terbesar

Ekspedisi Daihatsu Terios 7 Wonders Nusantara
Sumber :
  • Dok: ADM

VIVA – Setelah dua tahun vakum karena pandemi, akhirnya petualangan Terios 7 Wonders kembali diadakan oleh PT Astra Daihatsu Motor. Rombongan jurnalis dan influencer diajak menuju Kalimantan Timur, yang sedang jadi perhatian.

SMI Dapat Kontrak Penugasan Pemerintah Rp 825 Miliar, Siapkan Proyek Pembangunan di IKN

Kaltim belakangan ini banyak dibahas, karena wilayah Penajam Paser Utara dijadikan sebagai lokasi Ibu Kota Negara baru. Presiden Jokowi memberi nama tempat tersebut Nusantara.

Pada tahap pertama ini, perjalanan akan menempuh jarak total 450 kilometer. Ada empat wilayah yang bakal dikunjungi, mulai dari Balikpapan, Penajam, Kutai, hingga Samarinda.

Terungkap Sosok Ratu Adil Pembawa Berkah untuk Indonesia di Ramalan Jayabaya

“Ekspedisi Terios 7 Wonders merupakan ajang pembuktian Terios dibawa berpetualang, sekaligus memberikan kebanggaan bagi masyarakat Indonesia melalui beragam kekayaan destinasi dan pesona keindahan nusantara,” ujar Domestic Marketing Division Head ADM, Rudy Ardiman, dikutip VIVA Otomotif Kamis 20 Januari 2022.

Ekspedisi Daihatsu Terios 7 Wonders Nusantara

Photo :
  • Dok: ADM
Otoritas IKN Kerjasama dengan Universitas Leiden Belanda

Hari pertama dimulai pada Rabu 19 Januari 2022, rombongan diajak untuk melihat-lihat Penangkaran Rusa yang ada di Desa Api-Api, Penajam Paser Utara. Jaraknya yakni 32 km dari Kota PPU.

Penangkaran ini pertama kali dibangun pada 1991 oleh Gubernur Kalimantan Timur saat itu, karena ingin melestarikan rusa-rusa yang sering diburu bebas di alam liar. Awalnya hanya terdapat 23 ekor rusa saja, kini tempat seluas 50 hektare itu menjadi rumah tinggal dari 169 ekor Rusa Sambar.

Salah satu keunikan Rusa Sambar dibandingkan hewan liar lain, yakni pendengaran dan pemciumannya sangat tajam. Kecepatan melompat dan berlarinya juga cukup kencang.

Pada umur dewasa berbadan besar, tungkai panjang, hidung gelap, dan suara rusa terbesar di Indonesia itu melengking nyaring. Berat badan Rusa Sambar dewasa berkisar antara 80 sampai 90 kilogram.

Penangkaran Rusa Sambar di Penajam Paser Utara.

Photo :
  • Kaltimprov

Petualangan menggunakan empat unit Daihatsu Terios kemudian dilanjutkan menuju Ibu Kota Negara Nusantara, yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara. Wilayah itu memiliki tanah seluas sekitar 256 ribu hektare, dan terbagi dengan inti pemerintahan dan kawasan IKN.

Selama perjalanan, mobil yang masuk ke dalam kategori low sport utility vehicle dan dibekali mesin 2NR-VE 1.500 cc itu tidak mengalami kendala ketika harus menyusuri berbagai medan jalan.

Terios juga dilengkapi dengan Around View Monitor, yaitu kamera mundur yang memberikan visibilitas luas dengan sudut pandang 360 derajat, sehingga pengemudi lebih mudah melihat kondisi sekeliling mobil saat melakukan manuver.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya