Enaknya Jadi Sopir Bus dan Truk Hino

Hino Total Support Customer Center
Sumber :

VIVA – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) secara resmi menghadirkan Hino Total Support Customer Center (HTSCC), guna mendukung program pemerintah untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.  

3 Kendaraan Hino Dapat Sertifikat TKDN

Nantinya para sopir truk dan bus Hino yang melakukan pelatihan di HTSCC, akan dilatih oleh instruktur yang andal, terlatih dan tersertifikasi. 

Karena Hino saat ini memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) atau disebut LSP-LPK PT Hino Motors Sales Indonesia yang merupakan LSP PIHAK 1 Pendidikan yang didirikan berdasarkan SK LPK nomor 006/SK/LPK-HMSI/IV/2021, yang merupakan perpanjangan tangan dan sudah berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Bengkel Hino Terima Uji KIR Semua Merek Kendaraan

LSP-LPK HMSI memiliki tujuan untuk menjadi lembaga sertifikasi yang mengedepankan mutu dalam penyelenggaraan sertifikasi dan diakui secara nasional maupun internasional. Karena LSP LPK PT Hino Motors Sales Indonesia terus berkomitmen untuk menciptakan Sumber Daya Manusia di Indonesia yang lebih kompeten melalui sertifikasi profesi bidang tranportasi barang dan orang.

Ilustrasi truk Hino

Photo :
  • dok. Hino
Kontribusi Hino sebagai Tulang Punggung Kendaraan Niaga Dalam Negeri

"Kami ingin melahirkan sebanyak mungkin duta keselamatan berkendara dari fasilitas ini, menyempurnakan apa yang sudah kami lakukan di bidang safety driving sejauh ini bersama pemerintah sehingga keselamatan berkendara menjadi sebuah budaya bangsa," Ungkap Santiko Wardoyo, COO-Director PT HMSI, dikutip VIVA Otomotif Kamis 27 Januari 2022.

Selain itu, Hino juga akan memulai kembali Hino Safety Driving Competition, yang sempat terhenti pada tahun 2020 karena pandemi Corona.

PT HMSI sangat gencar mengkampanyekan keselamatan berkendara melalui gelaran Hino Safety Driving Competition (HSDC), total ada 31 kali event di 23 kota besar di seluruh Indonesia yang Hino datangi untuk kampanye keselamatan berkendara dapat semakin berdampak luas di tengah masyarakat. 

Total ada 2.275 peserta pengemudi truk dan bus dari 1.687 perusahaan, yang ambil bagian dalam kegiatan ini. 

Kegiatan HSDC ini diadakan terbagi menjadi dua bagian test, hari pertama pengemudi mengikuti tes tertulis mengenai keselamatan berkendara seperti daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan tanda rambu-rambu lalu lintas.

Setelah tes tertulis hari pertama, maka 10 perwakilan terbaik akan menjalani tes selanjutnya yaitu skill test dan inspection test. 

Pengemudi akan diuji keahliannya seperti melewati jalan zig-zag baik itu maju maupun mundur serta parkir mundur.

Hino Safety Driving Competition digelar dengan memanfaatkan fitur Hino Telematics, sehingga event digelar dengan nama Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC) dan di laksanakan secara online. 

Fitur telematics dari Hino Connect yang dimanfaatkan dalam kompetisi ini, adalah dengan menarik data score card dari device telematics yang terpasang di setiap unit Hino sebagai penilaian dan juga bahan evaluasi. 

Bagi pengemudi yang mengikuti kompetisi ini tentunya mereka dapat melihat sendiri dari hasil evaluasi score card, apakah driver mengemudi dengan aman dan sesuai aturan. 

Karena jika driver mengemudi dengan baik dan aman, maka mereka akan mendapatkan poin score card yang bagus dan berpotensi menjadi pemenang selain tujuan utamanya untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di jalan.

Sementara dari sisi pemilik bisnis, tentunya kegiatan ini melindungi bisnis operasional angkutan pengiriman barangnya lebih aman dan jauh dari kendala di jalan atau hal-hal yang merugikan perusahaan. 

HTSDC ini adalah salah satu bentuk total support Hino kepada konsumen setia, dalam memperkenalkan kegunaan atau manfaat yang besar bagi bisnis dari penggunaan fitur Hino Connect Telematics.

“Dengan peserta yang mengetahui hasil penilaian mengemudi aman atau tidak dari data score card, tentunya ini menjadi bahan evaluasi bagi mereka dalam mengemudi. Karena mengemudi dengan aman dan sesuai aturan, selain dapat menjaga keamanan bagi diri sendiri, tentunya juga menjaga keamanan bagi orang lain di jalan," pungkas Santiko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya