Ikut Parade, Mantan Juara MotoGP Ini Pakai Motor Rp49 Jutaan

Parade Pembalap Motogp GP di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Para pembalap MotoGP sukses bikin geger warga Jakarta, pasalnya setelah melakukan ramah tamah dan foto bersama dengan Presiden Jokowi, para pembalap MotoGP tersebut melakukan parade dari depan Istana Merdeka menuju Bundaran HI.

Sihir Valentino Rossi Bikin Anak Muridnya Juara dan Singkirkan Marc Marquez

Sayangnya dalam kesempatan itu, Jokowi mengungkapkan bahwa ia tidak jadi mengikuti acara naik motor bersama para pembalap. “Saya enggak naik motor, karena tidak diperbolehkan dari sisi keamanan, tadi saya lemas gitu,” ujar Jokowi.

Dalam parade yang dilakukan para pembalap MotoGP, mereka menggunakan berbagai motor yang bergenre sport. Tapi dalam rombongan tersebut hanya mantan juara dunia yakni Joan Mir, dan teman satu timnya yakni Alex Rins yang tidak menggunakan motor gede alias moge.

Konsesi Tambang Untuk Ormas, Ketum PBNU Gus Yahya Sebut Langkah Berani Presiden Jokowi

Dari pantauan VIVA Otomotif di laman YouTube Sekretariat Presiden, Rabu 16 Maret 2022, kedua pembalap jagoan tim Suzuki tersebut menggunakan Suzuki Gixxer SF 250, motor ini pertama kali dikenalkan di ajang GIIAS 2021.

Suzuki Gixxer SF250 di Jakarta Auto Week 2022

Photo :
  • Dok: SIS
Marc Marquez Ungkap Penyebab Gagal Podium di MotoGP Italia 2024

Motor ini menggunakan mesin 1-silinder 250 cc, tenaga yang dimiliki Gixxer SF 250 yakni sebesar 26,5 PS dan torsi 22,6 Nm. Ini lebih kecil dari Ninja 250SL 28 PS namun torsinya serupa.

Gixxer SF 250 dibekali sistem pendinginan yang dinamakan Suzuki Oil Cooling System (SOCS). Teknologi ini dikatakan menjaga bobot motor tetap enteng yang bakal mempengaruhi performa manuver dan kecepatan.

Fitur lain yang tersedia di motor ini adalah lampu depan tunggal LED, lampu belakang LED, easy-start-system untuk menyalakan mesin, instrument cluster digital, dan split seat. Gixxer SF 250 juga dilengkapi ABS dual channel yang dikombinasikan rem cakram depan ukuran 300 mm.

Suzuki menjual hanya satu varian Gixxer SF 250 seharga Rp49,3 juta on the road Jakarta. Ada tiga opsi warna yang bisa dipilih konsumen, yakni Triton Blue/Silver (100 th Year Anniversary Edition), Metallic Triton Blue, dan Metallic Matte Black.

Sementara pembalap Gresini Racing yakni Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio menggeber Ducati Panigale 899, motor Panigale 899 sendiri merupakan penerus Superbike Panigale sebelumnya, yakni 848. 

Ducati Panigale 889 ini, dilengkapi sasis aluminium monocoque dan mesin Superquarto, Panigale bermesin 898 cc ini memiliki tenaga maksimal 140 dk dengan torsi 99 Nm.

Marc Marquez dan pembalap Honda lainnya seperti Alex Marquez, Pol Espargaro dan Takaaki Nakagami menggunakan motor Honda RC 213 V-S yang dibuat dibuat dengan spesifikasi mesin yang sangat mirip dengan RC213V yang digunakan oleh pembalap Honda di MotoGP, hanya ada sedikit perbedaan pada bagian mesinnya.

Big bike Honda RC213V-S

Photo :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

Honda RC213V-S telah mewarisi spesifikasi RC213V, untuk bisa mengaspal di jalan raya. Namun Honda melakukan beragam penyesuaian, makanya kemampuan untuk mengeluarkan tenaga maksimal, dan torsi maksimal juga beragam.

Bobot mesin yang ringan masih dipertahankan Honda, tapi untuk sudut belok berubah dari 15 derajat menjadi 26 derajat, ada tombol klakson, tambahan lampu depan, belakang, dan sein, lalu perangkat kaki-kaki seperti ban dan rem berbeda dari RC213V, serta masih banyak lagi.

Nah, sementara pembalap Yamaha hanya diwakili oleh Andrea Dovisiozo dan Brad Binder yang membela tim WithU Yamaha RNF MotoGP Team yang merupakan tim satelit Yamaha.

Mereka berdua menggunakan Yamaha R1M, yang bisa dikatakan sebagai motor sport dengan kasta tertinggi milik Yamaha. Secara spesifikasi dan fitur, motor ini siap untuk dipakai balap. Tapi, tetap legal juga untuk dikendarai di jalan raya.

Yamaha R1 dibekali mesin 998 cc, 4-silinder segaris, DOHC, 4-Tak, 16-katup, berpendingin cairan. Mesin motor ini memiliki ukuran diameter 79 mm dan langkah 50,9 mm. Hasilnya Yamaha R1 mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 200 PS di 13.500 rpm dan torsi 112,4 Nm di 11.500 rpm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya