Siap-siap, Produk Canggih Honda akan Dipensiunkan

Asimo
Sumber :
  • VIVAnews/Zika Zakiya

VIVA – Setiap perusahaan pasti memiliki ciri khas tersendiri, agar gampang dikenal oleh masyarakat. Salah satunya, Honda yang memiliki robot bernama Asimo sejak 2000.

Daftar Sepeda Motor yang Cocok Diisi BBM Pertalite

Namun, perusahaan asal jepang tersebut telah memutuskan akan mengakhiri ciri khas tersebut setelah 20 tahun dibuat, mulai Kamis mendatang. Diketahui robot itu membuat publik memukau dengan demonstrasi berjalan dan menari di ruang pamer, di markas besar pembuat mobil di Tokyo.

Bahkan Asimo menguasai kemampuan berlari, melompat dengan satu kaki, berbicara bahasa isyarat menggunakan lima jari dan menuangkan kopi ke dalam cangkir kertas dari sebuah tumbler

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

Dikutip VIVA Otomotif dari JapanToday, Senin 28 Maret 2022, Honda menghentikan semua pengembangan produk ikonik tersebut dalam beberapa tahun terakhir setelah upgrade terakhir di 2011.

Robot ASIMO mengucapkan salam kepada Obama

Photo :
  • Dokumentasi Honda
Honda Luncurkan Motor Naked Sports Terbaru

Meski begitu, perusahaan yang didirikan pada 1948 itu mengumumkan rencana lain untuk mengembangkan robot terbaru bernama Avatar, yang memungkinkan pengguna mengoperasikan secara virtual dari lokasi yang jauh.  Nantinya, robot tersebut akan dilengkapi dengan tangan multi-jari dan fungsi remote control asli yang didukung sistem AI.

Honda mengatakan bahwa mereka akan tetap melanjutkan penjualan merchandise bertema Asimo, setelah robot itu disimpan di gudang. Hal itu dikarenakan untuk menjaga karakter perusahaan tetap aktif.

Menjelang penampilan akhir Asimo, para penggemar termasuk orang tua dan anak-anak yang mengunjungi showroom Honda di Jepang bisa bertemu dan berpamitan dengan robot berukuran seperti anak-anak yang terlihat seperti mengenakan pakaian luar angkasa.

Selain itu, robot tersebut juga menunjukkan kemampuannya yang seperti aktivitas yang kerap dilakukan manusia. Bahkan para pengunjung bisa menikmati atraksi terakhir dari robot tersebut sebagai salam perpisahan.

Sedikit sejarah yang telah dilakukan oleh Asimo. Pada 2002, sebagai peringatan 25 tahun pencatatan Honda di Bursa Efek New York, robot tersebut membunyikan bel pasar saham untuk membuka sesi perdagangan.

Di tahun 2014, ketika Presiden AS Barack Obama mengunjungi Jepang, robot berkaki dua itu menyapanya dalam bahasa Inggris dan memamerkan gerakan termasuk menendang bola dan melompat di National Museum of Emerging Science and Innovation di Tokyo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya