Susul Sirkuit Mandalika, IMI Bakal Kembangkan 5 Sirkuit Internasional

Kantor baru Ikatan Motor Indonesia atau IMI Pusat.
Sumber :
  • Instagram @imi_id

VIVA – Ikatan Motor Indonesia alias IMI tahun ini berusia 116 tahun, Bambang Soesatyo sebagai Ketua Umum IMI, mengajak seluruh keluarga besar IMI memaknai HUT IMI, untuk membangun dan merawat kebersamaan.

Pesan Ijeck saat Buka Ramadhan Wisata Rally IMI Sumut

Pria yang akrab dipanggil Bamsoet ini pun mengatakan dengan semangat 'Standing and Growing Together', IMI ke depan harus semakin solid, mandiri dan berdaya guna. Sehingga, bisa terus bermanfaat bagi bangsa dan negara.

"Meskipun banyak yang telah kita capai, namun saya yakin masih lebih banyak lagi yang akan dapat kita raih. Ke depan, banyak tantangan yang harus kita hadapi, baik secara internal untuk memajukan organisasi IMI, maupun secara eksternal untuk meningkatkan konstrisbusi IMI dalam membangun sektor otomotif nasional," bilang Bamsoet dalam keterangan resminya.

MS Glow For Men Racing Team Tampil Memukau di Mandalika Racing Series 2024

Lebih lanjut Bamsoet mengingatkan sebagai upaya mempersatukan dan membesarkan seluruh elemen yang terkait dengan otomotif, IMI harus hadir sebagai 'rumah besar' dan 'rumah bersama' bagi jutaan komunitas otomotif nasional. 

IMI juga berkewajiban mendorong kemajuan sektor otomotif, baik sebagai olahraga prestasi maupun sebagai sektor industri yang menopang perekonomian nasional.

Ijeck Dorong IMI Sumut Kembangkan Sport Tourism dan Pembinaan Atlet Balap

"IMI didirikan dari kesadaran untuk membangun dan mewujudkan tiga visi mulia. Yaitu mempersatukan dan membesarkan seluruh elemen yang terkait dengan otomotif di Indonesia, menempatkan IMI pada tatanan dan percaturan otomotif dunia dan menjadi pelopor serta mendukung program ketertiban dan keselamatan berkendara di Indonesia," kata Ketua MPR Ini.

Bamsoet juga menerangkan salah satu program prioritas yang akan terus IMI galakkan adalah pengembangan konsep sport automotive tourism, kesuksesan ajang MotoGP Mandalika menghadirkan event otomotif yang turut menggeliatkan sektor ekonomi, khususnya pariwisata, harus dijadikan rujukan pada penyelenggaraan event-event otomotif selanjutnya.

Menyusul kesuksesan Mandalika Internasional Sirkuit yang diinisiasi oleh Presiden Jokowi, Bamsoet mengungkap pengurus Pusat IMI tengah mempersiapkan sirkuit internasional lain di lima titik. Adapun groundbreaking pembangunan sirkuit ini juga diharapkan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo selaku Bapak Otomotif Indonesia.

Bamsoet menyebutkan lima sirkuit tersebut antara lain adalah pertama, Bintan Sirkuit Internasional yang pekan lalu telah ditandatangani kerja samanya antara IMI, dengan pihak pengelola kawasan Bintan dan Galant Ventura Pte Ltd Singapura. 

Kedua, West Java Sentul Internasional Sirkuit kerja sama IMI Pusat dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan pengelola Sirkuit Sentul untuk merestorasi Sirkuit Internasional Sentul menjadi West Java Sentul International Circuit great 2.

Ketiga, IMI juga berencana mengembangkan Kawasan Pusat Olahraga Sumatera Selatan Jakabaring di Palembang, menjadi Street Sirkuit Internasional Jakabaring. 

Lalu keempat, IMI Pusat sedang jajaki kerja sama dengan Agung Sedayu Group untuk membangun PIK-2 Internasional Sirkuit great 1 di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta.  Dan kelima, Sirkuit Bali Pecatu Go-kart (Karting) Internasional di Kawasan Bali Pecatu Jimbaran Bali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya