Mudik Tahun Ini Tak Ada Penyekatan, Ini Cara Polisi Cegah Macet

Sumber :
  • ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

VIVA – Setelah dua tahun pemerintah Indonesia melarang warganya untuk mudik, untuk antisipasi penyebaran virus corona, tapi pada tahun ini pemerintah tak lagi melarang masyarakat untuk melakukan kegiatan mudik.

Pelindo Layani 2,26 Juta Orang Selama Periode Mudik Lebaran 2024

Karena sudah 2 tahun tidak mudik, sehingga tahun diperkirakan pemudik akan membludak, sehingga berpotensi terjadinya kemacetan. Nah, untuk mencegah kemacetan di jalan tol, polisi telah menyiapkan berbagai strategi pengaturan rekayasa lalu lintas.

Seperti Polres Metro Bekasi yang telah menyiapkan berbagai rekayasa lalu lintas, dari mulai sistem satu arah dan contraflow, untuk mencegah kemacetan di jalur mudik, terutama jalan tol.

Kasus Mayat Bayi di Tanah Abang, Kedua Pelaku Terancam 15 Tahun Penjara

"Untuk jalur tol rencana akan dilakukan one way atau contraflow," ungkap Kompol Argadija Putra, Kasat Lantas Polres Metro Bekasi, dikutip VIVA Otomotif dari laman resmi NTMC Polri, Senin 11 April 2022.

Ribuan pemudik kendaraan roda dua menembus penyekatan di Bekasi.

Photo :
  • VIVA/Dani
Polisi Larang Warga Bawa Petasan saat Nobar Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan

Sementara itu, di jalur mudik jalan arteri, pihak kepolisian bakal menempatkan sejumlah personel untuk memaksimalkan pengaturan dan penjagaan lalu lintas.

Polres Metro Bekasi juga melakukan pengaturan lalu lintas di beberapa titik rawan macet, seperti di Jalan Kalimalang-Bekasi.

Lebih lanjut, Arga mengatakan pihak polisi juga bakal menyiapkan pos pengamanan (Pospam) dan pos pelayanan (Posyan) di 13 titik jalur mudik. Posko ini tersebar di jalur mudik mulai dari jalan arteri hingga jalan tol.

"Di jalur Pantura ada 6 Pospam dan 2 Posyan, di jalur Kalimalang ada 2, di jalur tol ada 3 (titik) di rest area," jelasnya.

Sebagai informasi, di pos pelayanan polisi juga menyiapkan layanan vaksin booster. Sehingga bagi para pemudik yang belum mendapatkan vaksin booster bisa disuntik di tempat Posyan secara gratis.

Arga memastikan tidak akan ada penyekatan pada mudik tahun ini. Meski demikian, nantinya polisi akan mengadakan sampling acak kepada para pemudik dan membuka layanan vaksin.

"ENggak ada (penyekatan). Nanti mungkin kita lakukan pengecekan uji sampling juga, kalau ada pemudik yang belum vaksin, kita sarankan untuk vaksin di pos pelayanan tersebut," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya