Daftar Nomor Darurat yang Berguna saat Lewat Jalan Tol

Ilustrasi gerbang jalan tol.
Sumber :
  • Instran

VIVA – Sebagian masyarakat sudah mulai meninggalkan kota tempat mereka bekerja, pulang ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama keluarga. Sebagian dari mereka memanfaatkan mobil pribadi, agar lebih leluasa mengatur jadwal.

Hampir Bangkrut, Ternyata Olivia Allan yang Bikin Perusahaan Jalan Tol Jusuf Hamka Bangkit Lagi

Jalan tol menjadi piihan utama para pemudik yang menggunakan mobil, karena mereka tidak perlu khawatir melewati persimpangan dan tempat ramai yang berpotensi macet.

Sebelum menjalani mudik, berbagai persiapan dilakukan mulai dari memeriksa kondisi kendaraan hingga menaruh kembali perlengkapan seperti segitiga pengaman dan kotak P3K.

Ini Alasan Jusuf Hamka Jadikan Istri Denny Sumargo sebagai Komisaris Jalan Tol

Hal itu perlu dilakukan, karena kondisi jalan tol tidak bisa diprediksi. Tak jarang, saat musim mudik terjadi antrean panjang yang membuat mobil mengalami masalah.

Ilustrasi kemacetan di jalan tol

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Bus Rombongan Ziarah Wali Lima Kecelakaan di Tol Pandaan, 1 Orang Meninggal

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @official.jasamarga, Senin 25 April 2022, para pengguna jalan tol diimbau untuk menyimpan beberapa nomor darurat, yang sangat bermanfaat apabila tiba-tiba mengalami masalah di jalan. Berikut daftar nomornya:

14080 – Call Center Jasa Marga
135 – BBM Pertamina
110 – Kepolisian
113 – Pemadam Kebakaran
115 – Basarnas
119 – Ambulans
117 – Badan Nasional Penanggulangan Bencana
158 – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
151 – Kementerian Perhubungan

Sebagai informasi, Korps Lalu Lintas Polri bersama instansi terkait mulai hari ini melakukan uji coba rekayasa lalu lintas penerapan sistem ganjil genap dan satu arah di jalan tol.

Pelaksanaan uji coba dilakukan di Tol Cikampek Kilometer 47 hingga Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah selama tiga hari. Rekayasa lalu lintas itu berupa contra flow dan one way.

Sejumlah ruas di Tol Cikampek sudah disiapkan untuk uji coba ganjil genap tersebut. Salah satunya di KM 47 sampai Gerbang Tol Cikampek Utara KM 70.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya