Ini Biaya Ganti Pelat Nomor Putih Lama ke Pelat Nomor Putih

Purwarupa pelat nomor kendaraan model baru
Purwarupa pelat nomor kendaraan model baru
Sumber :
  • Instagram @polantasindonesia

VIVA – Korps Lalu Lintas Polri atau Korlantas Polri, berencana akan segera merealisasikan perubahan warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), dari pelat nomor dengan latar belakang berwarna hitam menjadi berlatar belakang berwarna putih.

“Insya Allah secepatnya, karena sudah selesai,” kata Brigjen Yusri Yunus, Dirregident Korlantas Polri, dikutip VIVA Otomotif dari laman resmi NTMTC Polri, Senin 23 Mei 2022.

Brigjen Yusri menyampaikan, perubahan warna itu akan dilakukan secepatnya. "Jika tahun ini sudah terealisasi, maka di 2027 seluruh kendaraan pada skala nasional akan menggunakan pelat nopol berwarna putih," ujarnya

Brigjen Yusri juga mengungkapkan  bahwa perubahan nanti dari tahun 2027 sudah lengkap. "Semuanya sudah putih, karena kan sudah 5 tahun,” tambahnya.

Yusri mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir atau bingung, atas perubahan warna pelat nomor kendaraan bermotor.

Pergantian warna pelat, kata Yusri, tidak dilakukan serentak, melainkan mengikuti ketentuan pergantian pelat nomor kendaraan per lima tahun sekali. Sehingga secara teknis, tidak semua kendaraan akan langsung mendapatkan pelat nomor putih.

Lebih lanjut Yusri mengatakan, tidak akan ada pemungutan biaya dalam penerapan kebijakan baru ini.