Mau Healing ke Puncak, Ada Aturan Ini saat Akhir Pekan

Lalu lintas padat menuju Puncak, Bogor pada libur long-weekend Waisak
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA – Setiap akhir pekan wilayah Puncak, Bogor, Jawa Barat dipenuhi oleh ratusan wisatawan yang hendak menghabiskan waktu libur mereka.

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

Udara sejuk dan banyaknya tempat wisata membuat kawasan itu tidak pernah sepi dari kunjungan warga, yang hendak mencari hiburan sebelum pekan depan harus kembali beraktivitas.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa jumlah warga DKI Jakarta dan sekitarnya yang memutuskan untuk berakhir pekan di kawasan itu cukup banyak sehingga terkadang membuat arus lalu lintas menjadi macet.

Untuk mencegah hal itu terjadi, petugas sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhuhungan Nomor 84 Tahun 2021, maka pada akhir pekan ini diberlakukan sistem pengendalian berbasis ganjil genap.

Terkuak! Pengemudi Fortuner Arogan Pakai Pelat TNI Palsu untuk Hindari Gage

Arus lalu lintas menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Photo :
  • Viva.co.id/ Muhammad AR (Bogor)

“Sistem ganjil genap berlaku sesuai Permenhub nomor 84,” ujar KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ketut, dikutip VIVA Otomotif dari laman Korlantas Polri, Sabtu 28 Mei 2022.

Detik-detik Polisi Setop Ambulans Lawan Arus One Way, Ternyata Bukan Bawa Pasien Sakit

Pelaksanaan rekayasa lalu lintas tersebut sudah dimulai sejak Jumat kemarin, pukul 14.00 WIB. Sementara untuk hari ini dan besok, jadwalnya dimulai pukul 24.00 WIB.

“Jadi hari Jumat mulai jam 14.00 WIB, dan hari Sabtu-Minggu jam 24.00 WIB,” tuturnya.

Iptu Ketut juga menjelaskan, bahwa pihaknya siap menerapkan sistem satu arah atau one wayNamun, hal itu baru akan dilakukan ketika arus lalu lintas mulai padat dan berpotensi menimbulkan kemacetan.

“Kalau one way, melihat situasi di lapangan. Apabila arusnya padat, kami mainkan,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya