2 Hari Lagi Pembeli Pertalite Harus Daftar di Aplikasi Ini

Pertalite
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA – Penjualan Pertalite nantinya tidak bebas seperti saat ini, karena penjualan Bahan Bakar Minyak alias BBM dengan RON 90 rencananya akan dibatasi. 

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Naik 9 Persen

PT Pertamina Patra Niaga yang menjadi anak perusahaan PT Pertamina (Persero), berencana untuk mengatur pembelian Pertalite dan Solar Subsidi. Sehingga mulai tanggal 1 Juli 2022, pembeli Pertalite diwajibkan untuk mendaftar melalui aplikasi atau website MyPertamina.

Nantinya pihak Pertamina akan memberikan jangka waktu pendaftaran, jika dalam jangka waktu yang sudah ditentukan maka pembeli yang tidak terdaftar tidak bisa membeli bensin jenis Pertalite.

Pompa Bensin Jimny Bermasalah, Suzuki Tidak Sendirian

"Registrasi mulai 1 Juli 2022, di data dulu, mau daftar pakai handphone, pakai komputer bisa. Kami sambil uji coba, ketika mereka sudah registrasi, dan akan mengisi BBM Pertalite nanti operator SPBU akan melihat apakah kendaraan tersebut sudah terdata di MyPertamina," ungkap Irto Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, dikutip VIVA Otomotif, Selasa 28 Juni 2022.

Pertamina lanjutkan program Pertalite seharga Premium di Medan

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution (Medan)
Toyota Innova Terbaru Resmi Meluncur dengan Harga Rp400 Jutaan

Lebih lanjut Irto mengatakan, pihaknya akan memberikan jangka waktu pendaftaran kepada pembeli BBM penugasan dan subsidi itu. Hanya memang, Irto belum bisa menjelaskan jangka waktu tersebut sambil proses pelaksanaan pendaftaran di konsumen berjalan.

"Misalnya kalau satu bulan konsumen tersebut belum juga registrasi, maka mohon maaf dengan berat hati kita akan arahkan pembeli Pertalite itu untuk mengisi Pertamax," tambahnya.

Sementara pada tingkat SPBU, pihak Pertamina juga terus menyiapkan sistem digitalisasi, sehingga nantinya kendaraan yang sudah terdaftar dalam MyPertamina akan masuk ke dalam sistem.

Melalui teknologi Electronic Data Capture (EDC), bisa mengecek nomor kendaraan atau konsumen yang memakai sistem barcode.

"Nantinya setiap 15 menit sistem barcode berubah, dia tinggal scan, nanti keluar data nomor polisi dan data lainnya. Kalau belum daftar, maka nama mereka tidak keluar," tandas Irto.

Sambil pelaksanaan pendaftaran pembelian Pertalite ini berjalan, Pertamina bersama dengan pemerintah masih mendiskusikan perihal kriteria kendaraan mewah yang tidak diperbolehkan membeli Pertalite dan Solar Subsidi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya