Beli Bensin di RI Harus Daftar, di Negara Ini Malah Dilarang

Pom Bensin di Sri Lanka
Pom Bensin di Sri Lanka
Sumber :

VIVA Otomotif – Pemerintah Indonesia meminta masyarakat di Indonesia untuk mendaftarkan diri, jika hendak membeli bensin jenis Pertalite, hal tersebut dilakukan, agar distribusi Pertalite dan solar subsidi tepat sasaran.

Berbeda dengan Indonesia, di Sri Lanka justru masyarakatnya dilarang untuk membeli bensin. Keputusan tersebut diterapkan oleh pemerintah Sri Lanka lantaran negara tersebut tengah dilanda krisis.

Kendaraan pribadi yang tidak memiliki kepentingan yang mendesak dilarang membeli bensin, karena stok bensin di negara tersebut  menipis.

Dilansir dari Carscoops, Selasa 5 Juli 2022, disebutkan bahwa selama dua pekan ke depan atau hingga sekitar 10 Juli 2022, hanya kendaraan tertentu saja boleh membeli BBM. Kendaraan yang diperbolehkan adalah bus, kendaraan pengangkut makanan dan medis.

Warga Sri Lanka antre minyak dan gas yang dirasakan mulai langka

Warga Sri Lanka antre minyak dan gas yang dirasakan mulai langka

Photo :
  • AP Photo/Eranga Jayawardena

Pejabat di sana mengatakan, bahwa pada akhir pekan lalu mereka hanya memiliki 9.000 ton solar dan 6.000 ton bensin. Persediaan tersebut hanya cukup untuk kebutuhan esensial.

Disebutkan bahwa jika pemerintah mereka tidak melakukan larangan tersebut, stok bahan bakar Sri Lanka akan habis dalam sepekan.