Rincian Biaya Penerbitan SIM Semua Golongan

Polisi menunjukkan kartu Smart SIM (Surat Izin Mengemudi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

VIVA Otomotif – Semua pengemudi baik kendaraan roda empat dan roda dua di Indonesia, wajib memiliki dan menunjukkan Surat Izin Mengemudi alias SIM, jika diminta oleh polisi lalu lintas yang sedang bertugas.

Jangan Lupa! Perpanjang SIM Mati Tanpa Harus Bikin Baru Berlaku Mulai Besok

Selain untuk registrasi identitas pengemudi dan mendukung kegiatan penyelidikan, penyidikan, dan identifikasi forensik kepolisian. SIM juga menjadi bukti kompetensi mengemudi.

Makanya untuk mendukung fungsi SIM sebagai bukti kompetensi mengemudi, pemohon pembuatan SIM harus melewati beberapa ujian.

SIM Mati Masih Bisa Dipakai untuk Mudik Lebaran

Pemohon SIM harus melakukan proses pendaftaran dan ujian teori SIM dari rumah secara online, nantinya setelah seluruh persyaratan pendaftaran SIM terpenuhi, pemohon tinggal memilih jadwal kedatangan ke Satpas untuk melakukan ujian praktik.

Ujian praktik SIM motor berbasis E-Drives

Photo :
  • YouTube NTMC Polri
Jangan Panik Jika Ada Angka Ini di SIM Anda

Caranya, pertama pemohon bisa mengunduh aplikasi SINAR dan melakukan verifikasi data, klik menu SIM lalu pilih pendaftaran SIM, ikuti petunjuk pengisian dan lakukan pembayaran pendaftaran SIM.

Selanjutnya, kamu akan melakoni uji teori. Kalau lulus, barulah pilih tanggal untuk melakukan ujian praktik di SATPAS yang sudah dipilih. Kalau lulus ujian prakitk, SIM langsung bisa diambil.

Sementara itu, biaya pembuatan SIM sendiri diatur dalam Peraturan pemerintah Nomor 76 tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Berikut rincian biaya resmi bikin SIM Baru, dikutip dari laman Korlantas Polri Selasa 2 Agustus 2022:

Penerbitan SIM A: Rp120.000
Penerbitan SIM B I: Rp120.000
Penerbitan SIM B II: Rp120.000
Penerbitan SIM C: Rp100.000
Penerbitan SIM C I: Rp100.000
Penerbitan SIM C II: Rp100.000
Penerbitan SIM D: Rp50.000
Penerbitan SIM D I: Rp50.000

Perlu dicatat, biaya tersebut belum termasuk biaya tes kesehatan, psikologi, dan asuransi. Umumnya, biaya tambahan untuk asuransi dan pemeriksaan kesehatan adalah Rp55.000.

Lalu untuk tes psikologi, umumnya dikenakan biaya sekitar Rp50.000. Dengan begitu, bila ditotal membuat SIM A baru kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp225.000 dan SIM C Rp205.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya