Pembalap Indonesia Didenda Rp1,5 Juta Jika Tak Lakukan Pekerjaan Rumah

Pembalap Honda Team Asia, Mario Suryo Aji
Sumber :
  • Istimewa

VIVA OtomotifPembalap Indonesia yakni Mario Aji pada musim balap 2022 ini, bertarung di ajang Kejuaraan Dunia Moto3 m3mb3la Idemitsu Honda Team Asia. Tim tersebut punya tujuan untuk mengorbitkan pembalap dari Asia menuju panggung Moto2 dan Moto2.

Pembalap Indonesia Qarrar Firhand Berhasil Finis Kelima di Trofeo Andrea Margutti

Prioritasnya memang pembalap dari Jepang, tapi membuka kesempatan juga untuk pembalap dari negara Asia lainnya. Memiliki empat pembalap dengan latar belakang berbeda di level Moto2 dan Moto3, Idemitsu Honda Team Asia ingin mereka lebih agresif.

Musim ini, Idemitsu Honda Team Asia memiliki Ai Ogura (21 tahun), Somkiat Chantra (23), Mario Suryo Aji (18) dan Taiyo Furusato (17). Berasal dari budaya berbeda dan punya karakter berlainan, awalnya pasti sulit menggembleng mereka.

Pembalap Indonesia Qarrar Firhand Tembus 10 Besar Dunia WSK Super Master Series

Apalagi pembalap non Jepang selalu diserang rasa rindu pada kampung halaman, ketika intensitas latihan meningkat tajam.

“Kami memberikan para pembalap hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan skill. Seperti di Spanyol, kami sediakan pelatih, lingkungan latihan, program latihan termasuk latihan dengan motor, program gizi, pemeriksaan medis dan lain-lain,” ungkap Hiroshi Aoyama, manajer tim dikutip dari Speedweek.

Menanti Sistem Deteksi Kecelakaan MotoGP yang Baru

Aoyama mengaku awalnya semua mengatakan, 'oke' tapi saat menghadapi latihan berat setiap hari, para pembalap dari Malaysia, Thailand atau Indonesia mulai berpikir tentang rumah.

Di Spanyol tepatnya di Barcelona  para pembalap Honda Team Asia tinggal di apartemen. Semua pembalap termasuk pembalap Indonesia harus mematuhi peraturan, termasuk melakukan pekerjaan rumah tangga yang dasar dan menjalani latihan yang sudah diprogram.

Jika ditemukan pelanggaran ketika perwakilan tim melakukan kunjungan, maka setiap pembalap, termasuk Mario Aji mesti membayar denda 100 euro (sekira Rp1,5 juta). Cara ini ternyata dianggap sangat efektif, untuk membentuk pribadi mandiri yang sangat berguna ketika ada di trek.

Melihat home sick bisa menghambat proses latihan, akhirnya Honda Team Asia membuat kebijakan baru yang ternyata membuahkan hasil positif dalam balapan. “Untuk musim ini, kami mengubah kebijakan dengan mengizinkan para pembalap sering pulang. Hasil Chantra meningkat pesat,” Aoyama melanjutkan.

Selain itu, Aoyama juga menganalisis karakter masing-masing pembalap. Ia menilai duo dari Asia Tenggara kurang agresif, bertolak belakang dengan wakil Negeri Matahari Terbit. “Chantra dan Mario Aji memiliki kepribadian halus, terlalu sopan. Jika mereka meminta sesuatu dan kami tak bisa memberikannya, maka mereka akan terima tanpa ragu,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya