Ada Aturan Baru untuk Perpanjang dan Pembuatan SIM Baru

Sumber :
  • YouTube NTMC Polri

VIVA Otomotif – Pada zaman modern kini, pembuatan SIM baru dan perpanjangan SIM bisa lebih mudah, nyaman dan aman. Apalagi kini sudah ada aplikasi yang bisa diakses pemohon, agar ketika menjalani ujian teori bisa dilakukan di mana saja.

Selain itu, di Satlantas Polres Pati juga memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan ruangan yang bersih lengkap dengan fasiltitas yang disediakan. Selain itu, pemohon SIM baru atau perpanjang SIM di Satlantas Polres Pati, harus vaksin terlebih dahulu.

Seperti dikutip dari laman resmi NTMC Polri, masyarakat yang ingin membuat SIM, harus menyertakan surat keterangan telah melakukan vaksin boster, atau dengan kata lain harus sudah  melaksanakan vaksin dosis 1, 2 dan 3.

Menurut AKBP Christian Tobing, Kapolres Pati, melalui Baur SIM Satlantas Polres Pati, Bripka Hery Prayitno menjelaskan, pembuatan SIM dan perpanjang tak perlu repot dan susah lagi. Masyarakat bisa mendownload aplikasi simpelpol.

“Bagi masyarakat yang ingin membuat SIM baru wajib memiliki fotocopy E ktp, cek kesehatan didokes dengan mendowload aplikasi simpelpol, test psikologi, selanjutnya berkas diserahkan ke administrasi SIM (Satpas),” ujarnya. Rabu (03/07/2022).

Sekarang semua mudah setelah syarat- syarat dilengkapi. Apabila masyarakat ada kesulitan, Duta pelayanan Satlantas Polres Pati akan membantu masyarakat yang kurang paham dengan tahapan-tahapan pendaftaran perpanjangan SIM maupun membuat SIM baru.

Lebih lanjut Hery Prayitno menambahkan, guna meningkatkan pelayanan, masyarakat yang ingin mengurus SIM tinggal datang ke loket BRI dilanjutkan ke pendaftaran dan pengambilan identifikasi foto. Selain itu Hery juga memberikan imbauan agar masyarakat tidak lagi bingung dan takut. Silahkan datang ke Satlantas Polres Pati, ikuti mekanisme saja.

“Kami akan melayani dengan sepenuh hati, tidak ada calo sekarang, ikuti saja tahapan yang ada, biaya pendapatan negara bukan pajak (PNBP) SIM A baru Rp 120.000 dan SIM C Rp 100.000, ingat patuhi protokol kesehatan, jangan melanggar rambu-rambu lalu lintas dijalan dan hati hati saat berkendara,” tandasnya.