Lewat Jalan Tol Ini Waktu Tempuh Karawang ke Bogor Cuma 40 Menit

Jalan tol
Jalan tol
Sumber :
  • ANTARA/Aria Cindyara

VIVA Otomotif – Akses dari dan menuju Karawang diklaim bakal makin mudah, hal itu dikarenakan Kabupaten Karawang bakal dilintasi ruas jalan tol baru yang menghubungkan wilayah Sentul, Bogor, hingga Karawang Barat.

Sehingga nantinya jika masyarakat dari arah Karawang ke Bogor, tidak harus melintasi Jakarta, sehingga jarak tempuhnya akan semakin pendek, dan berimbas pada waktu tempuhnya yang juga pendek.

Jika kini waktu tempuh Karawang-Bogor bisa mencapai sekitar 2 jam, maka jika pembangunan jalan tol ini sudah rampung, diperkirakan jarak tempuh antara Karawang-Bogor bisa dilalui hanya dengan waktu tempuh 40 menit.

Menurut Eka Sanatha, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karawang mengatakan, ruas tol baru ini akan menghubungkan Sentul Bogor hingga Karawang Barat.

Proyek nasional dengan nilai investasi sebesar Rp 15 triliun tersebut, kini sudah melalui tahap lelang. “Pemenangnya konsorsium perusahaan BUMN dan swasta," ungkap Eka dikutip VIVA Otomotif, Selasa 9 Agustus 2022.

Lebih lanjut Eka mengatakan, ruas jalan tol itu memiliki panjang 61 Kilometer. Untuk tol yang melintasi Karawang sepanjang 16 kilometer. Pembangunannya ditargetkan rampung tahun 2025.

Pembangunan ruas tol baru itu, kata Eka, semakin membuktikan bahwa Karawang menjadi daerah tujuan investasi. Sebab, sarana dan prasarana transportasi merupakan salah satu daya dukung investasi di suatu daerah.

Daya dukung infrastruktur berkaitan dengan konektivitas atau akses. Jarak Karawang dari Bandara Soekarno Hatta sekitar 90 kilometer. Kemudian menuju Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati sekira 122 kilometer.