Ini Fungsi dari Integrasi Data Kendaraan Bermotor

Pelayanan Samsat.
Pelayanan Samsat.
Sumber :
  • http://samsat-cikarang.co.cc

VIVA Otomotif – Polri bersama PT Jasa Raharja dan instansi daerah terkait sepakat, bahwa kesamaan data bisa meningkatkan kepatuhan pembayaran pajak kendaraan bermotor, yang nantinya berdampak baik pada maksimalnya pelayanan publik.

“Kami sudah sepakat, menyatukan langkah, menyamakan persepsi, misi kita nanti diperoleh satu data valid yang manfaatnya bisa untuk banyak hal,” ungkap Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi, dikutip dari resmi NTMC Polri Jumat 12 Agustus 2022.

Menurut Kakorlantas, kesamaan data ini bisa meningkatkan hasil pajak yang bisa digunakan pemerintah daerah untuk pembangunan sesuai potensi daerahnya. Terutama pembangunan fasilitas dan sarana prasarana publik.

Jenderal bintang dua itu menegaskan, pengendara motor juga akan mendapatkan fasilitas apabila telah melakukan pembayaran pajak. Secara tidak langsung, mereka memberikan sumbangsih kepada negara untuk pelayanan publik.

Ilustrasi STNK mobil.

Ilustrasi STNK mobil.

Photo :
  • Seva.id

“Tentunya pelayanan publik itu sendiri dinikmati oleh para pengendara,” kata dia.

Sebagai tim Pembina Samsat Nasional, Kakorlantas menyebut Korlantas akan terus melakukan sinkronisasi data ke sejumlah Samsat di Indonesia. Rencananya, pada 23 Agustus, mereka bakal melakukan Rapat Koordinasi Pembina Samsat di Bali.