Jangan Asal Ngotot, Ini Alasan Asuransi Kendaraan Tolak Klaim

Tabrakan dengan angkot.
Tabrakan dengan angkot.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Otomotif – Bagi pemilik kendaraan seperti mobil, asuransi kendaraan bisa menjadi solusi, agar  bisa tenang terhadap risiko yang terjadi di jalan raya mulai dari kerusakaan akibat kecelakaan juga risiko lainnya.

Nah sebagai pemilik mobil, wajib tahu klausul yang terdapat pada polis kendaraan sampai pada sejauh mana pertanggungan asuransi bisa mengcover kerusakaan akibat kecelakaan dan risiko lain di jalan raya.

Karena banyak pemilik mobil sekaligus pemegang polis asuransi kendaraan, yang tidak membaca dan memahami detail klausul asuransi.

Menurut Wirawan Prasetyo, Retail Technical Analyst Asuransi Astra mengatakan, bahwa penting bagi pemegang polis untuk mengetahui tentang sejauh mana perlindungan terhadap kendaraannya.

Ilustrasi kecelakaan mobil

Ilustrasi kecelakaan mobil

Photo :
  • Pixabay

"Perusahaan asuransi juga memiliki batasan untuk memberikan perlindungan terhadap risiko kerusakaan pada kendaraan. Bahkan banyak faktor yang membuat pengecualian dalam polis perusahaan asuransi tidak akan meng-cover kerusakan," ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Jumat 9 September 2022.

Lebih lanjut Wirawan menjelaskan bahwa, dalam pemegang polis harus mengetahui beberapa pengecualian yang tidak bisa di-cover oleh perusahaan asuransi kendaraan, dengan berbagai term dan kondisi tertentu.