Ini Spesifikasi Canggih Motor dan Mobil Listrik Polisi untuk KTT G20

Mobil listrik dan motor listrik Polisi untuk KTT G20
Sumber :

VIVA Otomotif – Konferensi Tingkat Tinggi alias KTT G20 yang akan digelar di Bali, pada 15-16 November 2022, tak luput dari konsentrasi Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, yang siap mengawal dengan menggunakan mobil listrik dan motor listrik.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Jadi tak hanya delegasi negsra saja yang menggunakan mobil listrik, pihak Korlantas Polri juga telah menyiapkan mobil listrik dan motor listrik untuk pengawalan. Seperti dinukil dari resminya, Korlantas Polri telah menyiapkan 88 mobil listrik dan 94 motor listrik untuk mendukung KTT G20 di Bali.

Nah, jika dilihat dari video yang ditayangkan channel YouTube NTMC Polri, tampak beberapa kendaraan listrik yang sudah menggunakan livery khas Korlantas Polri. Mobil dan motor listrik itu didominasi warna putih dengan lis biru seprerti kendaraan operasional polisi lalu lintas.

Petugas ETLE Mulai Tahun Ini Dapat Insentif

Mobil listriknya menggunakan Hyundai Ioniq Electric, yang dibekali Permanent-magnet synchronous bertenaga 100 kW (136 PS) yang dipasok oleh baterai lithium ion 38,3 kWh. Motor mengembangkan torsi 295 Nm yang didistribusikan ke roda depan.

Berdasarkan NEDC, jarak tempuh Hyundai Ioniq mencapai 373 km dalam sekali pengisian daya. Pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit, untuk pengisian nol hingga 80 persen dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW (DC).

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

Jika melakukan charging di rumah dari nol hingga 100 persen memakan waktu 17 jam 30 menit, AC Charging 6 jam 5 menit. Selain mobil, Korlantas Polri juga menyiapkan motor listrik untuk pengawalan. Tampak motor listrik yang digunakan adalah motor dari Zero Motorcycles.

Motor listrik yang mebgusung gaya adventure Zero DSR yang sudah ditambahkan box di samping dan belakang, tujuannya selain siap digunakan di segala medan, juga bisa membawa barang yang diperlukan untuk pengawalan.

Zero DSR dibekali motor elektrik Z-Force 75-7R air-cooled brushless motor, jika dalam kondisi penuh motor listrik ini bisa menjelajah dari jarak 169 km hingga 328 km. Mesin listriknya bisa mengeluarkan tenaga maksimal 70 daya kuda dengan torsi maksimal 157 Nm, motor listrik tersebut bisa ngebut hingga kecepatan 163 km/jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya