Honda dan Toyota Bicara Harga Jual Kendaraan di Indonesia

Booth Toyota di IIMS 2019.
Booth Toyota di IIMS 2019.
Sumber :
  • Toyota

VIVA Otomotif– Penjualan kendaraan bermotor tahun ini mengalami peningkatan, jika dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu. Bahkan, angkanya disebutkan hampir menyamai saat sebelum pandemi.

Hal itu bisa terjadi, meski saat ini dunia otomotif tengah dilanda krisis kelangkaan salah satu komponen yang memegang peranan penting, yaitu cip semikonduktor.

Komponen ini berfungsi untuk mengaktifkan semua fitur yang ada di kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Mulai dari panel instrumen digital, hingga sistem hiburan.

General Manager Corporate Communications PT Astra Honda Motor, Ahmad Muhibbuddin mengatakan bahwa kelangkaan komponen itu berdampak pada waktu tunggu konsumen dalam mendapatkan unit pesanan mereka.

Meski demikian, ia mengaku bahwa sejak bulan lalu masalah tersebut sudah berhasil diatasi dan kini produksi sepeda motor Honda di Indonesia mulai berangsur normal.

“Pasokan semikonduktor sudah mulai normal dan membaik, penjualan dan produksi di Agustus meningkat cukup pesat dibandingkan Juli,” ujarnya saat hadir di acara Workshop Grup Astra di Jakarta, dikutip Kamis 29 September 2022.

Pria yang akrab disapa Muhib itu menuturkan, bahwa krisis semikonduktor juga membuat biaya produksi AHM menjadi lebih tinggi. Meski demikian, pabrikan otomotif asal Jepang itu tidak membebankannya ke konsumen.