Wilayah Ini Mulai Menerapkan Aturan Pelat Nomor Putih dan Hijau

Ilustrasi pelat nomor putih
Ilustrasi pelat nomor putih
Sumber :
  • Dok: NTMC Polri

VIVA Otomotif – Pelat nomor merupakan salah satu bagian untuk identifikasi kendaraan bermotor. Diberitakan sebelumnya, saat ini di Indonesia pelat nomor kendaraan diubah warna dasarnya dari hitam menjadi putih.

Langkah ini diterapkan untuk mendukung Korlantas Polri, dalam membantu program tilang elektronik atau disebut Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Program tersebut telah diterapkan sejak tahun lalu.

Diketahui pelat putih digunakan untuk kendaraan bermotor roda dua maupun empat mulai distribusikan secara bertahap. Salah satu wilayah yang mulai berlaku pelat putih adalah Kepulauan Riau.

Pelat Kendaraan Putih dan Hijau Diterapkan di Wilayah Kepulauan Riau

Pelat Kendaraan Putih dan Hijau Diterapkan di Wilayah Kepulauan Riau

Photo :
  • Korlantas Polri

Dirlantas Polda Kepri, Kombes Tri Yulianto mengatakan akan mengganti warna dasar pelat kendaraan dari dasar tulisan putih menjadi dasar putih tulisan hitam, mulai 1 Oktober 2022. Hal itu dilakukan untuk mendukung program Korlantas Polri di wilayahnya.

Di Indonesia, wilayah tersebut merupakan kawasan Free Trade Zone (FTZ) seperti Batam, Bintan dan Karimun. Bersamaan dengan pelat putih, di sana juga akan menerbitkan pelat dasar hijau tulisan hitam. Pasalnya, ada perbedaan warna pelat kendaraan untuk kawasan FTZ.

"Perbedaan warna pelat nomor kendaraan itu berdasarkan Penyelenggaraan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas," ujar Tri, dikutip VIVA dari Korlantas Polri, Jum'at 30 September 2022.