Daftar Bus Listrik China di Busworld 2022

bus listrik buatan China ada di pameran Busworld 2022
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif  – Saat ini tengah berlangsung pameran otomotif bernama Busworld South East Asia 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pameran tersebut menghadirkan kendaraan bus, baik bermesin konvensional maupun listrik.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Menurut pantauan VIVA di lokasi, Rabu 5 Oktober 2022, bus di sana didominasi oleh buatan China yang rata-rata sudah bermesin EV (Electric Vehicle). Bahkan sebagian dari mereka dijual kepada pengunjung pameran.

Lantas bus listrik China apa saja yang berada di pameran tersebut? Pertama, bernama 6m electric bus. Kendaraan ini diproduksi oleh Zhong Tong Bus. Secara spesisifikasi, model tersebut memiliki dimensi panjang 5.995 mm, lebar 2.095 mm, dan tinggi 2.750.

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

Kendaraan bus kota listrik terbaru

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Kendaraan besar ini menggunakan mesin baterai bernama lithium Iron Phosphate dengan keceparan 69 km/jam. Model ini telah disematkan beberapa fitur seperti radio player, AC, dan CCTV monitor sistem. Bahkan bus ini telah dilengkapi dengan lampu LED di setiap sisinya.

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Kedua, bus bernama All Star Electric Compact Bus. Kendaraan ini diproduksi oleh Golden Dragon yang memiliki dimensi panjang 6.045 mm, lebar 2.020 mm, dan tinggi 2.775 mm. Model tersebut mampu menampung penumpang mencapai 24 orang.

Sebagai kendaraan ramah lingkungan, bus ini menawarkan mesin permanent magnet synchronous yang bisa menempuh jarak hingga 122 km. Model ini memiliki kemampuan 50 kw hingga 160 kw dengan torsi mencapai 100/400 Newton meter.

Bus China selanjutnya adalah 12 meters Electric City Bus. Model ini memiliki dimensi panjang 11.980 mm, lebar 2.495 mm, dan tinggi 3.320 mm. Untuk daya tampung, kendaraan ini mempu mengangkut 59 orang sekaligus.

Untuk performa, kendaraan ini menggunakan teknologi Prestolite yang mampu menempuh jarak hingga 250 km dalam sekali pengisian daya. Untuk sistem pengecasan-nya, dari 20 persen sampai 100 persen, hanya butuh waktu 60 menit atau satu jam saja.

Sebagai tambahan informasi, pameran tersebut juga dihadiri oleh perusahaan bus dan karoseri di Indonesia seperti Adiputro, Laksana, Tentrem Sejahtera, Mekar Armada Jaya dan Mobilindo Armada Cemerlang. Ada banyak teknologi bus yang ditampilkan para peserta, namun fokus utamanya adalah bus listrik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya