Fantastisnya Dana Pengadaan Kendaraan Listrik Polri untuk KTT G20

Personel Korlantas Polri menggunakan kendaraan listrik dalam pengawalan KTT G20
Sumber :
  • Humas Korlantas Polri

VIVA Otomotif– Saat ini sedang berlangsung Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali, yang dihadiri oleh belasan kepala negara dan beberapa perwakilannya. Acara digelar dengan pengamanan yang sangat ketat, termasuk dari personil kepolisian.

Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Khusus untuk kegiatan pengamanan KTT G20, Korps Lalu Lintas Polri mengajukan pengadaan kendaraan listrik berupa mobil dan sepeda motor. Jenis itu dipilih, agar sesuai dengan tema ramah lingkungan yang diusung pemerintah.

Semuanya adalah mobil dan motor yang menggunakan energi listrik murni, tanpa ada campur tangan mesin berbahan bakar atau yang biasa disebut dengan istilah hybrid.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Dari penelusuran VIVA di laman Korlantas Polri, Selasa 15 November 2022, setidaknya ada empat pengajuan pengadaan kendaraan listrik untuk keperluan pengamanan KTT G20.

Pertama yakni pengadaan motor listrik petugas patroli pengamanan KTT G20, yang diajukan oleh Korlantas Polri. Lelang sudah selesai digelar, dan pemenangnya adalah perusahaan Cipta Abisatya Reksa dengan nilai kontrak Rp9.371.992.950.

Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional

Lelang kedua yakni motor listrik untuk pengamanan para kepala negara yang hadir di KTT G20, dengan nilai kontrak sebesar Rp83.336.000.000 dan jatuh pada PT Arya Motor Indonesia.

Berikutnya adalah lelang kendaraan jenis motor listrik, yang dipakai untuk pengamanan rombongan spouse atau pasangan kepala negara. Nilai kontraknya sama, yakni Rp83.336.000.000 namun pemenang kontrak yakni PT Artha Alam Lestari.

Terakhir yaitu lelang pengadaan mobil listrik untuk pengamanan KTT G20, dengan nilai kontrak sebesar Rp66.853.600.000 dan dimenangkan oleh PT Cahaya Mutiara Perdana.

Jika ditotal, maka dana yang dianggarkan Korlantas Polri untuk pengadaan kendaraan listrik yang dipakai sebagai pengamanan di KTT G20 berjumlah lebih dari Rp242 miliar. Seluruhnya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara periode 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya