Balap AXCR 2022 Resmi Digelar, Punya Sejarah Mengejutkan

VIVA Otomotif: Tim Mitsubishi Ralliart di ajang AXCR 2022
Sumber :
  • YouTube @Mitsubishi Motors

VIVA Otomotif – Perlombaan Asia Cross Country Rally atau AXCR 2022, resmi digelar pada hari ini di Buriram, Thailand. Puluhan peserta sudah berada di lokasi, untuk memulai upacara pembukaan yang berlangsung malam hari.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Dari pantauan VIVA, Senin 21 November 2022, Para peserta berparade sebagai simbol dimulainya ajang balap reli lintas alam tersebut. Namun, sebelumnya mereka menjalani etape 0 yang menempuh jarak tiga kilometer di trek aspal untuk menentukan posisi start.

Termasuk Rifat Sungkar, pembalap Indonesia yang membela Tim Mitsubishi Ralliart dan mengandalkan mobil Mitsubishi Triton. Ia ditemani oleh navigator Chupong Chaiwan asal Thailand.

Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang

Mereka akan memulai adu cepat pada Selasa besok, di area yang diduga ada di sekitar Lam Plai Mat. Kepastian mengenai lokasi baru akan diketahui esok hari, karena setiap peserta baru menerima buku peta dua jam sebelum lomba dimulai. Ini menjadi salah satu tantangan sekaligus daya tarik dari AXCR.

VIVA Otomotif: Tim Mitsubishi Ralliart di ajang AXCR 2022

Photo :
  • YouTube @Mitsubishi Motors
Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Lomba reli lintas alam ini memiliki sejarah yang panjang, di mana ajang pertama kali diadakan pada 1996 di Malaysia. Tujuannya adalah untuk mengukur kemampuan pembalap maupun kendaraan yang digunakan.

Acara yang memiliki kemiripan dengan Reli Dakar ini menghadirkan berbagai macam rintangan, mulai dari jalur berlumpur hingga pelosok hutan. Tersasar sudah menjadi hal yang biasa dialami oleh para peserta.

VIVA Otomotif: Balap Asia Cross Country Rally (AXCR)

Photo :
  • Dok: R1Japan

Keunikan lain dari AXCR adalah rute yang dilalui tidak hanya berada di satu negara saja. Contohnya saat gelaran di 2000, di mana pembalap start dari Malaysia menuju Thailand, lalu ke Myanmar dan berakhir di China.

Tahun ini juga menjadi perlombaan paling jauh, di mana setiap peserta harus menempuh rute yang totalnya mencapai 4.200 kilometer. Namun di tahun ini, jaraknya hanya 1.700 km saja.

Jenis kendaraan yang mengikuti kegiatan ini mulai dari sepeda motor, sespan, truk, sampai dengan mobil berpenggerak dua roda maupun empat roda.

VIVA Otomotif: Balap Asia Cross Country Rally (AXCR)

Photo :
  • Dok: R1Japan

Pesertanya datang dari berbagai negara, seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, sampai dengan Jepang. Ajang ini sempat terhenti dua tahun, yakni di 2020 dan 2021 akibat pandemi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya