Pertamina Lubricants Masih Fokus Jualan Oli di Dalam Negeri

Pabrik PT Pertamina Lubricants di Jakarta Utara
Sumber :
  • PT Pertamina Lubricants

VIVA Otomotif – Saat ini produk oli khusus kendaraan sudah mulai beragam di pasar otomotif Indonesia. Hal itu dikarenakan pertumbuhan penggunaan kendaraan baik sepeda motor maupun mobil mengalami peningkatan untuk aktivitasnya.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Adanya pengguna, membuat sejumlah perusahaan industri oli di Tanah Air mulai memfokuskan penjualannya. Salah satunya datang dari PT Pertamina Lubricants yang menghadirkan beragam jenis oli yang berkualitas.

Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants (PTPL) Sari Rachmi mengatakan untuk penjualan saat ini masih fokus di pasar domestik, dan lebih agresif dalam meningkatkan pertumbuhan.

Toyota Luncurkan Fortuner Edisi Terbaru, Dapat Fitur Menarik
Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants (PTPL) Sari Rachmi

Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants (PTPL) Sari Rachmi

Photo :
  • PT Pertamina Lubricants

"Perihal penjualan di kami masih didominasi oleh pasar domestik. Mengingat produk kami sendiri masih menjadi salah satu penjualan oli yang terbesar di dunia. Maka dari itu, kami fokus untuk memenangkan persaingan domestik sembari juga masuk ke luar negeri," ujar Sari di Jakarta Utara, dikutip VIVA Selasa 29 November 2022.

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

Diketahui, perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1957 itu telah menghadirkan jenis oli berkualitas di industri otomotif. Adapun produknya seperti, Fastron (Mobil), Enduro (Motor), dan Meditran (Bis dan Kendaraan Niaga). Keberadaan bahan ini dihadirkan untuk kebutuhan mesin kendaraan.

Lebih lanjut, dia memberitahu untuk target penjualan secara keseluruhan di tahun ini, pihaknya menetapkan ratusan ribuan  kiloliter produk pelumas baik untuk otomotif maupun industri lainnya. Mereka berharap dengan target ini bisa tercapai sesuai strategi rencana perusahaan.

"Kami optimistis tumbuh. Kami juga menargetkan total penjualan ada 550 ribu kiloliter dari semua total. Jika tercapai, bisa tumbuh di atas pertumbuhan pasar, dan kami juga ingin tumbuh di marketshare yang masih berjalan," tambah Sari.

Menurut data perusahaan, berdasarkan market leader di pasar domestik, mereka telah menguasai 35 persen pangsa pasar pelumas (oli) di tahun 2021. Hal itu didukung oleh jaringan gerai penjualan produk retail yaitu SPBU, Olimart, dan Enduro Express.

Sekedar informasi, perusahaan ini telah memiliki tiga unit produksi di Indonesia yang berada di wilayah Jakarta, Cilacap, Gresik. Kehadiran pabrik itu untuk memastikan adanya pasokan pelumas ke seluruh konsumen di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya