Penggunaan Energi Motor Listrik Bisa Lebih Efisien Pakai Cara Ini

Mesin dan komponen kelistrikan Nissan Kicks di kap depan
Sumber :
  • viva.co.id/ Pius Mali

VIVA Otomotif – Energi baru dan terbarukan saat ini menjadi hal yang sangat penting di berbagai sektor, mulai dari industri hingga transportasi. Berbagai upaya dilakukan, agar kita bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Salah satu contohnya, yakni mengganti penggerak yang tadinya menggunakan energi fosil dengan penggerak motor listrik yang bebas emisi. Ini sudah dipraktikkan di kendaraan maupun mesin pabrik, namun masih bisa dikembangkan lebih jauh agar tingkat efisiensinya menjadi meningkat.

Laporan terbaru dari the Energy Efficiency Movement menunjukkan, peningkatan efisiensi energi merupakan cara tercepat dan paling efektif untuk memangkas biaya energi dan emisi gas rumah kaca.

Bertemu Tony Blair, Menko Airlangga Bahas Inklusivitas Keuangan Hingga Stabilitas Geopolitik

Salah satu rekomendasi dari laporan itu menyebutkan, bahwa  pemasangan variable speed drive bisa dterapkan untuk meningkatkan efisiensi energi pada sistem penggerak motor hingga 30 persen. Hal ini berlaku di semua sektor industri, termasuk otomotif.

Baterai motor listrik Alva One

Photo :
  • Dok: IMG
Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Berdasarkan laporan tersebut, jika lebih dari 300 juta sistem kelistrikan industri berbasis motor yang saat ini beroperasi dapat diganti dengan penggerak yang lebih optimal dan memiliki efesiensi tinggi, hal ini akan mengurangi konsumsi listrik global hingga 10 persen.

Solusi lain yang diusulkan untuk meningkatkan efisiensi energi yakni mempercepat transisi armada di sektor industri, dari yang berbahan bakar fosil ke armada berbasis listrik,

“Melalui kemajuan teknologi terdepan dalam efisiensi energi, industri dapat melakukan peningkatan efisiensi secara signifikan melalui teknologi yang tersedia,” ujar President, Motion Business Area ABB, Tarak Mehta melalui keterangan resmi, dikutip Selasa 29 November 2022.

Vice President, Head of Local Business Area, Motion, ABB Indonesia, Chen Kang Tan menambahkan bahwa dampak peningkatan efisiensi energi bervariasi dari satu sektor industri ke lainnya dan memberikan peluang efisiensi biaya dan emisi yang sangat besar.

“Teknologi yang dibutuhkan industri untuk mengoptimisasi efisiensi energi telah hadir, dan saat ini adalah waktu yang paling tepat untuk mengimplementasikannya,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya