7 Universitas di Indonesia Dipercaya Kembangkan Kendaraan Listrik

Kendaraan ramah lingkungan milik Toyota
Sumber :
  • TMMIN

VIVA Otomotif – Pengembangan kendaraan listrik saat ini terus didorong oleh pemerintah dan produsen di industri otomotif. Banyak dari mereka telah melakukan upaya dan program untuk memperkenalkan kendaraan ramah lingkungan.

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Salah satunya perusahaan otomotif ternama Toyota yang tengah serius mengembangkan produk mobil berbasis listrik. Diketahui, perusahaan asal Jepang ini baru saja memperkenalkan sekaligus menjual kendaraan listrik pertamanya yakni bZ4X.di pasar otomotif Indonesia.

Masih dalam tahap awal, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menghadirkan fasilitas pembelajaran dan pengembangan kapabilitas elektrifikasi. Tempat ini bernama xEV yang berloksi di pabrik Karawang 3, Jawa Barat dengan uas area 600 meter persegi.

Video Innova Zenix Hybrid Tak Kuat Nanjak Jadi Sorotan Warganet

Fasilitas pembelajaran Toyota bernama xEV Center di Karawang

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Di sana, sudah banyak hasil dan berbagai riset yang dilakukan bersama dengan pemerintah dan juga beberapa universitas ternama di Tanah Air. Diketahui, ada tujuh universitas yang mereka percayai dalam perkembangan kendaraan ramah lingkungan.

Polisi: 30 Persen Kendaraan Pemudik Belum Balik Jakarta

Adapun nama-nama universitas yang telah berkontribusi dalam program ini seperti, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, LPEM UI, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Udayana, dan Universitas Diponogoro.

Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono mengatakan bahwa pihaknya melakukan program ini karena ada beberapa tujuan seperti triple helix, government, dan akademis industri. Hal ini menjadi bukti pendidikan di Tanah Air pelu adanya wadah bagi mereka.

"Makanya kami berharap akademis ini nantinya bisa sebagai ilmuwan yang memberikan masukkan yang konkret dan lebih tahu teori itu seperti apa. Praktiknya juga pintar, sehingga bisa memberikan masukkan pada pemerintah," ujar Warih di Institut Teknologi Bandung, dikutip VIVA Kamis 1 Desember.

Dirinya menambahkan tujuh universitas ini dirasa akan mempunyai dampak yang besar buat Indonesia khususnya di industri otomotif dalam menunjang kendaraan elektrifikasi. Oleh karena itu, adanya program ini bisa mampu mendorong SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas.

Sekedar informasi, saat ini tempat xEV Center telah memiliki empat zona. Adapun zona-zonanya seperti Inisiatif Lingkungan, Teknologi, Ekosistem Hijau, dan Masyarakat Berkelanjutan. Pihaknya akan terus meningkatkan fasilitas ini dengan teknologi terbaru yang fokus pada energi hijau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya