Ratusan Kendaraan Tradisional Ini Siap Kawal Pernikahan Kaesang dan Erina

Kaesang dan Erina gunakan konsep prewedding dengan pakaian Bali
Sumber :
  • Instagram @kaesangp

VIVA Otomotif – Sebentar lagi, Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudononakan segera melangsungkan pernikahan yakni pada Sabtu 10 Desember 2022 mendatang, yang bertempat di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta.

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

Diketahui, ada beragam fasilitas yang telah disediakan ole putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama acara pernikahan berlangsung. Salah satu fasilitasnya adalah mobilitas transportasi untuk para tamu yang diundang oleh calon pengantin.

Masih dalam proses, pria berusia 27 tahun itu menyiapkan kendaraan tradisional yaitu andong dan becak. Nantinya kedua kendaraan ini akan berjumlah ratusan yang didatangkan dari sejumlah kabupaten di sekitar Surakarta.

Catat! Inilah 5 Bulan Terbaik untuk Menikah Menurut Islam

Penarik andong

Photo :

"Ratusan andong dan becak tersebut nanti dikhususkan untuk mengangkut para tamu resepsi ngunduh mantu putra Presiden Jokowi, terutama bagi mereka yang berasal dari luar daerah dan tidak menginap di hotel," ujar Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, dikutip VIVA dari laman resmi Pemkot Semarang, Selasa 6 Desember 2022.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Lebih lanjut, dirinya memberitahu bahwa ada 6.000 tamu undangan yang diperkirakan hadir dalam acara pernikahan. Nantinya sebagian tamu tersebut akan menggunakan kedua kendaraan tradisional ini, dan akan diberangkatkan sesuai dengan jadwal jam keberangkatan undangan menuju lokasi resepsi.

"Undangan yang diperkirakan hadir sekitar 6.000 orang. Dipastikan kepergian mereka ke lokasi resepsi akan lancar, karena panitia sudah menyiapkan berbagai sarana transportasi," tambahnya.

Perlu diketahui, kendaraan tradisional ini memiliki sejarah yang cukup kental, khusus bagi suku Jawa. Salah satunya andong sebagai salah satu warisan budaya Jawa khususnya Yogyakarta, yang memberikan ciri khas kebudayaan tersendiri dan kini masih terus dilestarikan.

Secara spesifikasi andong memiliki empat roda, dua roda di bagian depan dan dua roda di bagian belakang. Ukuran roda depan lebih kecil jika dibandingkan dengan dua roda di bagian belakang. Umumnya penumpang duduk di belakang kusir dengan tempat duduk dibuat saling berhadapan.

Sementara, kendaraan becak pertama kali masuk ke Indonesia pada awal abad ke-20 untuk keperluan pedagang Tionghoa mengangkut barang. Transportasi darat tiga roda tanpa mesin ini bergerak dengan cara dikayuh sama seperti halnya sepeda. Bahkan kendaraan ini sempat menjadi ikonik di Indonesia.

Sekedar informasi, dalam pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, beberapa panitia secara khusus sudah menyediakan sejumlah kantong parkir bagi para tamu undangan resepsi. Khusus tamu yang membawa mobil disediakan lokasi parkir di Benteng Vastenburg dan stadion Manahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya