Baru Dua Hari Diterapkan, ETLE Mobile Jaring Puluhan Ribu Pelanggar

Peresmian Mobil ETLE lalu lintas
Peresmian Mobil ETLE lalu lintas
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Beberapa waktu lalu, Polda Metro Jaya meresmikan sistem tilang elektronik atau ETLE secara Mobile. Motede baru ini menggunakan fasilitas mobil patroli yang disematkan kamera.

Fungsi kehadiran kamera tersebut untuk memotret para pelanggaran kendaraan di jalan raya. Sejatinya, keberadaan sistem tilang ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan ETLE yang dipasangkan di ruas jalan.

Hanya saja keberadaan dari sistem terbaru ini lebih dinamis dan fleksibel, karena mengandalkan kamera berjalan dengan menggunakan kendaraan. Diketahui terdapat 11 mobil yang dikerahkan mulai berkeliling di Ibu Kota Jakarta. 

Mobil ETLE Mobile milik Korlantas Polri.

Mobil ETLE Mobile milik Korlantas Polri.

Photo :
  • Korlantas Polri

Semenjak mulai diterapkan, sistem ETLE Mobile ini sudah menjaring ribuan pelanggar baik dari kendaraan sepeda motor maupun mobil. Hal itu disampaikan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman.

Dia mengatakan bahwa ada sebanyak 5 ribu pengendara dikenakan sanksi tilang melalui sistem baru ini. Kebanyakan dari mereka melanggar melawan arus di sejumlah jalan dan tidak menggunakan helm bagi pengendara roda dua.

"Ada 5 ribuan pelanggar terekam dalam kamera yang dipasang di mobil patroli. Beberapa dari mereka menerobos ganjil genap, melawan arus, dan tidak menggunakan helm," ujar Latif, dikutip VIVA dari Korlantas Polri, Jum'at 16 Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
img_title