Pengguna Mobil yang Mau Liburan Nataru Wajib Tahu Ini

Kepadatan arus lalu lintas di jalan tol Semarang-Solo jelang nataru.
Kepadatan arus lalu lintas di jalan tol Semarang-Solo jelang nataru.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA Otomotif – Pemerintah siap melancarkan arus mudik liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Juru Bicara Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengingatkan para pelaku perjalanan untuk selalu mempersiapkan diri. Seperti, melakukan vaksin dan booster sebelum melakukan perjalanan, serta menerapkan protokol kesehatan. 

“Kalau kita bisa jaga perilaku dengan baik, harusnya tidak dongkrak kasus terlalu tinggi, karena fasilitas kesehatan sudah lebih siap  dan kesadaran warga yang tinggi,” ujarnya di acara FMB9, dikutip Senin 19 Desember 2022.

Kasubdit Audit dan Inspeksi Ditkamsel Korps Lalu Lintas Polri, Kombes Pol Aries Syahbudin menilai pola lalu lintas transportasi Nataru secara garis besar mirip dengan pola lebaran, yang secara umum dinilai sudah baik.

“Mudah-mudahan secara umum jumlah pemudik tidak banyak seperti lebaran, tapi tetap kami antisipasi. Lokasi wisata juga kami antisipasi, karena masyarakat akan lebih antusias ke sana. Titik-titiknya hampir sama seperti lebaran,” tuturnya.

Aries memprediksi, kepadatan mudik akan terjadi pada 23 Desember dan arus baliknya akan mencapai puncak pada 26 Desember. Pada tahap berikutnya, arus mudik akan terjadi pada 30 Desember dan arus balik mencapai puncak pada 2 Januari.

Tempat peristirahatan atau rest area juga dapat menjadi sumber kemacetan. Karena itu, para pengguna mobil dan kendaraan bermotor roda empat atau lebih lainnya diimbau agar bijaksana dengan maksimal dapat beristirahat selama 30 menit.

Ilustrasi macet saat mudik lebaran.

Ilustrasi macet saat mudik lebaran.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Halaman Selanjutnya
img_title