Ini Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Tol Saat Libur Nataru

Jalan Tol Semarang Demak Paket 2.
Jalan Tol Semarang Demak Paket 2.
Sumber :
  • Dokumentasi PT PP.

VIVA Otomotif – Dalam menyambut masyarakat Indonesia akan memasuki masa liburan Nataru (Natal 2022 dan Tahun baru 2023), banyak institusi pemerintah tengah melakukan perencanaan untuk mengupayakan kelancaran mobilitas masyarakat.

Diketahui, salah satu bentuk persiapan adalah rekayasa lalu lintas. Dalam menyiapkan hal tersebut, pihak kepolisian akan memberlakukan beberapa kebijakan, termasuk di jalan tol.

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), tercatat sebanyak 44,17 juta orang atau 16,35 persen dari seluruh masyarakat di Indonesia ikut mudik saat libur Nataru.

Kepadatan arus lalu lintas di jalan tol Semarang-Solo jelang nataru.

Kepadatan arus lalu lintas di jalan tol Semarang-Solo jelang nataru.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya akan memberlakukan proses rekayasa mulai dari contraflow sampai dengan one way atau satu arah di jalan tol. Hal itu dilakukan guna memperlancar jalannya arus lalu lintas.

"Penerapan rekayasa lalu lintas ini nantinya akan dikoordinasikan dengan Kementerian Perhubungan dan Jasa Marga. Koordinasi itu untuk menentukan kapan contraflow dan one way diterapkan," ujar Sigit, dikutip VIVA dari NTMCPolri, Selasa 20 Desember 2022.

Lebih lanjut, dirinya memastikan rekayasa lalu lintas itu nantinya akan disosialisasikan ke masyarakat. Sosialisasi itu diberikan agar warga tidak terganggu rekayasa lalu lintas yang diterapkan.

Halaman Selanjutnya
img_title