Sudah Lebih 1 Jutaan unit Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek Selama Liburan Nataru

Rest Area KM 429 Tol Trans Jawa Ramai.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA Otomotif – Saat ini masyarakat Indonesia tengah memasuki masa libur Nataru (Natal dan Tahun Baru 2023). Umumnya, beberapa dari mereka yang berkeluarga biasanya melakukan perjalanan liburan dengan menggunakan mobilitas kendaraan.

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

Banyak masyarakat yang tengah melakukan perjalanan jauh untuk pergi berlibur di sejumlah daerah. Sudah hampir seminggu selama libur Nataru, Jasa Marga telah mencatat sebanyak 1,1 juta kendaraan mulai meninggalkan Jabodetabek.

Dari data yang dirilis oleh mereka, dikutip VIVA Senin 26 Desember 2022, mereka menjabarkan sebanyak 1.156.990 unit kendaraan telah melakukan perjalanan melalui tol. Angka tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun lalu hanya 1.098.840 kendaraan.

Beli Motor Bekas Jangan Lupa Urus Balik Nama, Ini Cara dan Biayanya

Kendaraan Melintas di Tol Kalikangkung Semarang Jelang Natal 2022

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno

Adapun angka tersebut diperoleh dari empat tol utama di antaranya GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Dalam penjabarannya, sebagian masyarakat atau sekitar 543.134 unit kendaraan atau sebesar 46,94 persen menuju arah Timur yang di mana pengemudi ke arah Trans Jawa dan Bandung.

Sementara, untuk volume kendaraan terbesar kedua tercatat sebanyak 357.056 kendaraan atau sebesar 30,86 persen, meninggalkan Jakarta dengan menuju arah Barat (Merak). Sisanya, yakni sekitar 256.800 unit kendaraan atau sebesar 22,20 persen menuju arah Puncak.

Di tahun ini, banyak dari mereka yang melakukan perjalanan untuk destinasi liburan. Namun, ketika memutuskan menggunakan kendaraan pribadi penting untuk memperhatikan beberapa hal agar perjalanan bisa sampai tujuan.

Jasa Marga pun mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, dan menjaga jarak saat berada di rest area.

Pastikan bagi pengendara yang berpegian jauh untuk memperhatikan BBM dan saldo uang elektronik, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas. Ditambah kondisi kendaraan juga dipastikan aman dan nyaman ketika digunakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya