Volume Kendaraan Meningkat, Prediksi Puncak Arus Balik Tanggal 1 Januari 2023

Kendaraan Melintas di Tol Kalikangkung Semarang Jelang Natal 2022
Kendaraan Melintas di Tol Kalikangkung Semarang Jelang Natal 2022
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA Otomotif – Saat ini masyarakat Indonesia tengah memasuki libur panjang akibat pergatian tahun baru. Banyak dari mereka mereka melakukan perjalanan lintas kota untuk liburan maupun bertemu sanak saudara.

Untuk melancarkan kegiatan tersebut, Korlantas Polri melakukan operasi lalu lintas kepada para pengendara baik sepeda motor maupun mobil. Hasil pantauan tersebut, jumlah volume arus kendaraan keluar Jakarta terpantau masih mengalami peningkatan.

Kepala Posko Operasi Lilin 2022, Kombes Twedi Aditya Bennyahdi mengatakan pantauan jumlah kendaraan yang keluar dari Jakarta melalui empat gerbang tol utama yaitu Cikupa, Ciawi, Cikampek Utama, dan Kalihurip itu sebanyak 1.166.000 unit kendaraan.

Kondisi arus kendaraan di Tol Tangerang-Merak

Kondisi arus kendaraan di Tol Tangerang-Merak

Photo :
  • Istimewa

"Kami sudah kalkulasi, dan masih terdapat sebanyak 70.837 kendaraan atau -6 persen kendaraan yang belum kembali ke Jakarta (masih melaksanakan liburan) pada masa libur natal 2022 dan tahun baru 2023," ujar Aditya, dikutip VIVA dari NTMCPolri Sabtu 31 Desember 2022.

Lebih lanjut, dirinya memprediksi puncak arus balik kendaraan menuju Jakarta akan terjadi pada tanggal 1 Januari 2023 mulai sore hari hingga dini hari. Hal itu dikarenakan kendaraan yang lebih banyak keluar itu menuju lokasi wisata atau ke tempat keluarga.

"Untuk pantauan kepadatan arus kendaraan di lokasi Wisata sendiri terjadi di Jawa Barat, pertama puncak Cisarua, kemudian seputaran Lembang dan setiabudi Bandung," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title