Viral Lagi Pelat Nomor Kendaraan Bakal Dipasangi Chip

Ilustrasi pelat nomor putih
Ilustrasi pelat nomor putih
Sumber :
  • Dok: NTMC Polri

VIVA Otomotif Pelat nomor merupakan sebuah tanda identifikasi bagi kendaraan bermotor. Secara umum benda ini terdiri dari kombinasi huruf dan angka yang masing-masing punya arti tertentu yang menunjukkan wilayah atau kota.

Dari pantauan VIVA, Senin 2 Januari 2023, saat ini tengah ramai jadi perbincangan warganet di beberapa media sosial yang membahas pelat nomor kendaraan akan dipasangi chip di tahun ini. Nantinya benda tersebut akan dipasangi teknologi yang bisa mendeteksi pemilik kendaraan.

Diketahui, teknologi tersebut RFID merupakan Radio Frequency Identification yang bertujuan untuk membantu kelancaran dan efektivitas dalam penerapan ETLE atau sistem tilang elektronik.

VIVA Otomotif: Warna pelat nomor kendaraan bermotor di Indonesia

VIVA Otomotif: Warna pelat nomor kendaraan bermotor di Indonesia

Photo :
  • Instagram @kemenhub151

Saat ini sistem tersebut tengah diimplementasikan oleh Polri agar bisa menerapkan penegakan hukum dengan basis IT tersebut. Alasannya, sistem ini mudah dioperasikan dalam menjaring pelanggar lalu lintas.

Oleh karena itu, pihak polri berencana untuk memberikan perangkat chip kepada pelat nomor kendaraan. Namun hal tersebut dilakukan secara bertahap, yang saat ini mereka baru mengubah warna pelat yang tadinya hitam menjadi putih.

Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus menjelaskan perubahan nomor polisi bukan hanya pada warna dasar saja, tapi juga pelat nomor tersebut akan dipasangkan chip khusus atau Radio Freguency Identification (RFID).

Halaman Selanjutnya
img_title