Kabar Duka, Putra Pendiri Toyota Meninggal Dunia

VIVA Otomotif: Putra pendiri Toyota, Shoichiro Toyoda.
Sumber :
  • Dok: Toyota

VIVA Otomotif – Ketua kehormatan Toyota Motor Corporation yang juga putra pendiri perusahaanShoichiro Toyoda meninggal dunia pada usia 97 tahun karena gagal jantung di Jepang pada Selasa waktu setempat. Demikian disampaikan oleh perusahaan, dikutip dari keterangan resmi, Selasa 14 Februari 2023.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Toyoda berperan penting dalam mengubah produsen mobil Jepang itu, menjadi merek global terkemuka. Menjadi keturunan generasi ketiga dari keluarga yang mewarisi sahamnya dalam bisnis ini, a berjasa membangun budaya kontrol kualitas yang membantu Toyota berkembang menjadi pembuat mobil terkemuka dunia.

Dia juga bertanggung jawab mendorong Toyota, yang memulai kiprah sebagai produsen alat tenun untuk memproduksi kendaraan di luar negeri. Shoichiro Toyoda bergabung dengan perusahaan sebagai anggota dewan pada usia 27 tahun.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Setelah menjabat sebagai presiden Toyota Motor Sales Company di bawah grup Toyota, dia menjadi presiden pertama dari apa yang sekarang menjadi Toyota Motor Corp, sebuah perusahaan baru yang dibentuk setelah penggabungan perusahaan manufaktur dan penjualannya pada tahun 1982. Dia memegang posisi tersebut hingga 1992 saat menjadi ketua.

Perakitan mobil Toyota Kijang Innova di pabrik TMMIN.

Photo :
  • Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr
Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Toyoda mendorong produksi luar negeri di belakang pertumbuhan ekonomi Jepang, dengan Toyota, yang berkantor pusat di Prefektur Aichi, mendirikan perusahaan patungan dengan General Motors di Amerika Serikat pada tahun 1984.

Mengikuti tradisi keluarga yang meluncurkan bisnis baru setiap generasi, Toyoda memfokuskan usahanya pada bisnis perumahan. Kakeknya Sakichi Toyoda telah memulai pembuatan alat tenun dan ayahnya Kiichiro Toyoda memproduksi mobil.

Berasal dari Nagoya, dia berkontribusi pada pengembangan ekonomi kota, menjabat sebagai ketua organisasi yang menyelenggarakan Pameran Dunia 2005 di Prefektur Aichi, Jepang tengah.

Dia juga menjabat sebagai kepala Akademi Kaiyo, sebuah sekolah berasrama khusus laki-laki yang dia bantu dirikan di Gamagori, Aichi, dengan mencontoh sekolah swasta Inggris. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya