Buka Pameran IIMS 2023, Presiden Jokowi Minta Dua Hal

VIVA Otomotif: Presiden Joko Widodo membuka pameran IIMS 2023
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA Otomotif – Pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2023 resmi dibuka pada hari ini, Kamis 16 Februari 2023. Acara akan digelar selama 10 hari, sampai dengan Minggu 26 Februari mendatang.

Pengakuan Eks Pegawai Kementan: Gelontorkan Rp 430 Juta Buat Bayar Alphard SYL

Puluhan peserta yang merupakan agen pemegang merek meramaikan kegiatan tahunan itu, mulai dari produsen mobil, sepeda motor hingga kendaraan elektrifikasi.

Pembukaan pameran dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa penjualan kendaraan bermotor pada tahun lalu menunjukkan angka positif.

Mobil Menteri Pelat Nomor RI 41 Ini Berani Tampil Beda

“Industri otomotif tahun 2022 tumbuh 22 persen, meningkat dari tahun sebelumnya. Penjualan mobil tahun 2022 tercatat 1.048.000 mobil, dan sepeda motor mengalami peningkatan 3,3 persen. Meningkat di angka 5.221.000 unit,” ujarnya.

Pameran IIMS 2022

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur
Pengguna Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan, Warganet Fokus ke Penumpang Perempuan

Pencapaian positif itu, kata Jokowi memberi dampak yang bisa dirasakan di semua daerah saat ini, yaitu semakin padatnya arus lalu lintas.

“Akibatnya, kita sekarang macet di mana-mana. Di Jakarta macet, saya pergi ke Surabaya macet, terakhir saya ke Medan macet,” tuturnya.

Untuk mengurangi dampak tersebut, Jokowi meminta para pabrikan otomotif agar fokus pada unit yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan konsumen di luar negeri.

“Saya mengajak seluruh industri otomotif, untuk lebih berorientasi pada ekspor. Peningkatannya sudah cukup tajam, sudah naik hampir ke 600 ribu unit,” ungkapnya.

Hal lain yang juga diminta oleh Presiden Jokowi, yakni produsen mulai melirik teknologi kendaraan listrik sebagai alternatif pengganti mobil dan motor yang masih memakai mesin konvensional alias internal combustion engine.

“Tren dunia ke depan, mendorong mobil listrik. Saya mengajak industri otomotif untuk melihat tren ini, dan sedikit demi sedikit menggeser industrinya dari ICE ke mobil listrik,” kata Jokowi.

Sebagai informasi, pada IIMS 2023 yang diadakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta akan ada peluncuran beberapa mobil baru. Contohnya Suzuki, yang akan membuka selubung Suzuki Grand Vitara. Kemudian ada Wuling, dengan produk baru Wuling Alves.

Tak ketinggalan, merek otomotif lokal Esemka untuk pertama kalinya bakal hadir di pameran berskala internasional tersebut. Mereka disebut-sebut akan memberi kejutan pada para pengunjung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya