PLN Ikut Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik, Targetkan Total 300 Ribu SPKLU

PLN kembangkan SPKLU
Sumber :
  • Arianti Widya

VIVA Otomotif – PT PLN (Persero) ikut memeriahkan acara pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2023 yang berlangsung di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, pada 17-21 Mei 2023.

PLN Bakal Sulap 2.000 Tiang Listrik Jadi SPKLU Kendaraan Listrik

Dalam acara ini, PLN berkomitmen ikut mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, salah satu cara yang dilakukan adalah mengembangkan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik.

Senior Officer Direktorat Retail dan Niaga PLN, Wilfrid Sahat P. Siregar menjelaskan tentang bagaimana proses PLN dalam mengembangkan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik di Indonesia.

Lebih Meriah, PEVS 2024 Bakal Tampilkan 82 Merek Otomotif

Ilustrasi kendaraan listrik.

Photo :
  • carnewschina

"Setidaknya PLN telah membangun 616 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Indonesia, dan 108 SPKLU di Labuan Bajo selama KTT ASEAN dan KTT G20 berlangsung," jelas Wilfrid saat konferensi pers di Booth PLN PEVS 2023, dikutip Kamis 18 Mei 2023.

Rekomendasi 5 Sepeda Listrik 1 Jutaan Terbaik

"Dari total SPKLU yang tersebar, hampir setengahnya merupakan ultra-fast charging, juga ada yang bekas dari KTT G20 itu ada 70 unit dan akan kita sebar lagi ke kota-kota besar yang memiliki kendaraan listrik terbanyak," tambahnya.

Tidak hanya stasiun pengisian SPKLU, Wilfrid mengumumkan bahwa PLN telah membangun sebanyak 1.163 unit stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) di Indonesia.

Namun tentu saja jumlah SPKLU dan SPBKLU yang tersedia saat ini jauh dari kata cukup dalam mendukung elektrifikasi kendaraan. Maka dari itu, Wilfrid menyatakan bahwa PLN akan terus menambah jumlah fasilitas pengisian daya kendaraan listrik hingga menyentuh angka 300 ribu.

Lebih lanjut, PLN juga menyediakan berbagai promo untuk pemasangan daya baru yang bisa dimanfaatkan untuk para pemilik mobil listrik, seperti 1 FASA - daya hingga 7.700 VA hanya Rp850 ribu dari harga normal Rp7 jutaan.

Kemudian, 3 FASA - daya hingga 13.200 VA hanya Rp3,5 juta dari  harga normal Rp12 jutaan.

Selain itu PLN juga memberikan promo untuk pemilik mobil listrik yang tidak mau memasang daya baru, tapi ingin menambah daya, yakni: tambah daya 1 FASA maksimal 11.000 VA hanya Rp150 ribu dari harga Rp9 jutaan, dan tambah daya 3 FASA maksimal 16.500 VA hanya Rp450 ribu dari harga Rp9 jutaan.

Untuk menikmati promo dari PLN cukup menunjukkan kepemilikan kendaraan EV dan home charging. Sebagai informasi, promo tersebut berlaku hingga 31 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya