Hankook Tire Perkenalkan Ban Formula E di Jakarta

VIVA Otomotif: Ban Hankook iON Race untuk balap Formula E
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA Otomotif – Produsen ban global asal Korea Selatan, Hankook Tire, telah mempersiapkan ban khusus untuk digunakan dalam balapan ABB FIA Formula E Championship, yang akan berlangsung di Jakarta pada 3-4 Juni mendatang.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Hankook iON Race, demikian nama ban tersebut, didesain khusus untuk menghadapi tantangan unik yang dihadapi dalam balapan mobil listrik ini.

Presiden Direktur PT Hankook Tire Sales Indonesia (HTSI), Yoon Soo Shin, menjelaskan bahwa ban iON Race telah mengalami serangkaian pengujian yang ketat dan telah berhasil menunjukkan keandalannya dalam mendukung para pembalap di lintasan balap mobil listrik.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Dengan suhu yang diprediksi mencapai sekitar 35 derajat Celcius dan kelembaban di atas 80 persen di Jakarta, penggunaan ban yang tepat menjadi faktor kunci dalam mencapai performa yang baik.

Ban khusus yang diproduksi oleh Hankook Tire memiliki beberapa keunggulan yang mengesankan, mulai dari pengurangan kebisingan sebesar 18 persen, masa pakai yang lebih lama sebesar 15 persen, peningkatan jangkauan baterai sebesar 6 persen, hingga stabilitas berkendara yang meningkat hingga 10 persen.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

"Kami sangat bersemangat dan tidak sabar untuk segera memproduksi ban khusus mobil listrik di Indonesia," ujarnya saat konferensi pers di Jakarta, dikutip Sabtu 3 Juni 2023.

VIVA Otomotif: Ban Hankook iON Race untuk balap Formula E

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Tata letak sirkuit Jakarta International E-Prix, yang terinspirasi dari bentuk kuda dan berjalan searah jarum jam, menawarkan beragam tantangan bagi pembalap.

Sirkuit ini memiliki trek lurus start-finish sepanjang 600 meter, dengan total panjang 2.370 kilometer yang terdiri dari tikungan lambat, sedang, dan sangat cepat.

Belokan pertama merupakan pukulan kanan yang panjang, yang memberikan banyak peluang untuk melakukan manuver dan melakukan overtaking.

Sebagai bagian dari strategi balapan, tikungan ke-13, yang dikenal sebagai hairpin, merupakan zona pengereman terberat di sirkuit ini. Tikungan ini diikuti oleh tikungan tajam ke kanan.

Selanjutnya, belokan ke-16 yang berada di luar tikungan merupakan zona aktivasi untuk mode serangan (attack mode). Pembalap akan menghadapi berbagai tantangan di sirkuit ini, dan ban Hankook iON Race dirancang untuk memberikan performa terbaik dalam menghadapinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya