Kualitas Pengemudi Truk dan Bus Tidak Bisa Diabaikan

Arus Mudik, Pemudik Pengguna Bus Sudah Memadati Terminal Kp. Rambutan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Tangerang – Hino Indonesia Academy, lembaga pelatihan resmi yang berada di bawah naungan PT Hino Motors Sales Indonesia memperlihatkan komitmennya dalam mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di sektor transportasi, terutama bus dan truk.

Korban Google Maps, Daihatsu Sigra Terjebak di Gang Kecil hingga Susah Keluar

Dengan kolaborasi yang erat bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Hino Indonesia Academy turut serta dalam upaya mewujudkan Program Ekosistem Prakerja melalui penyelenggaraan pelatihan mengemudi truk dan bus.

Chief Operating Officer – Director HMSI, Santiko Wardoyo mengatakan bahwa kualitas SDM di sektor transportasi tidak boleh diabaikan.

Begini Pandangan Mayoritas Perusahaan di Indonesia soal AI

Menurutnya, pelatihan yang diadakan oleh Hino Indonesia Academy dalam Program Ekosistem Prakerja diharapkan dapat membantu mengatasi masalah pengangguran dengan memberikan peluang kepada individu untuk memiliki keterampilan yang relevan dalam industri yang sedang berkembang pesat.

“Dengan memiliki pengemudi yang terlatih dengan baik, diharapkan tingkat kecelakaan dan risiko dalam transportasi dapat ditekan, sehingga transportasi di Indonesia menjadi lebih aman dan nyaman bagi semua pihak," ujarnya di acara diskusi yang digelar di pameran GIIAS 2023, dikutip VIVA Otomotif Kamis 17 Agustus 2023.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Melalui pendekatan yang terintegrasi antara keterampilan praktis dan pengetahuan mendalam, Hino Indonesia Academy tidak hanya bertujuan untuk menciptakan pengemudi truk dan bus yang handal, tetapi juga individu yang memiliki pemahaman tentang etika dan keselamatan berkendara.

"Kami berkomitmen untuk memberikan pembelajaran yang efektif dan interaktif kepada para peserta, sehingga mereka dapat menjadi pengemudi truk dan bus yang kompeten," ungkap Asisten Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Saleh.

Hingga tahun 2024, Hino Indonesia Academy memiliki target untuk melatih lebih dari 800 peserta dalam pelatihan mengemudi truk dan bus.

Dukungan dari fasilitas modern dan instruktur yang bersertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menjadikan lembaga pelatihan ini sebagai mitra yang kuat dalam memenuhi kebutuhan SDM di industri transportasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya