Uji Emisi Gratis Kembali Digelar di DKI Jakarta, Ini Lokasinya

Bengkel Uji Emisi
Sumber :
  • Pemprov DKI Jakarta

Jakarta, 27 September 2023 – Program uji emisi gratis kerap digelar di berbagai wilayah, dengan tujuan untuk mengurangi dampak negatif polusi udara yang disebabkan oleh jumlah kendaraan bermotor yang terus meningkat.

Daftar Juri SATU Indonesia Awards 2024, Ada Raline Shah

Contohnya seperti di wilayah Jabodetabek, di mana jumlah kendaraan telah mencapai angka ratusan juta unit, termasuk sepeda motor, mobil, dan kendaraan beroda empat atau lebih.

Dalam upaya untuk menanggulangi bahaya tersebut, pemerintah maupun pihak swasta menyelenggarakan program uji emisi gratis.

Astra Gelar SATU Indonesia Awards 2024, Ini Syarat Jadi Peserta

Program ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada pemilik kendaraan untuk memeriksa dan memastikan tingkat emisi kendaraan mereka sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Uji emisi kendaraan.

Photo :
  • www.toyota.astra.co.id
Astra Gelar Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024 di Bengkulu, Ratusan Anak Muda Ikut Serta

Pada hari ini, program uji emisi gratis kembali digelar di wilayah DKI Jakarta. Dikutip VIVA Otomotif, program ini diumumkan melalui laman Instagram resmi TMC Polda Metro Jaya.

Uji emisi gratis itu digelar dalam rangka Operasi Zebra Jaya, yang setiap tahun diadakan oleh Polri untuk memastikan para pengguna jalan tertib dan menaati peraturan lalu lintas.

Kegiatan ini diadakan di area Gelora Bung Karno, Senayan selama satu hari. Waktunya adalah mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB.

“Dalam rangka Operasi Zebra Jaya 2023 Polri Dit Lantas Polda Metro Jaya bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dan Astra melakukan kegiatan Preemtif dengan mengadakan pelayanan Uji Emisi Gratis di Parkir APEC Geora Bung Karno Senayan Jakpus,” tulis pengelola akun.

Program uji emisi gratis juga digelar di beberapa tempat termasuk Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum alias SPBU tertentu milik Pertamina. Bengkel-bengkel resmi kendaraan juga mengadakan program serupa, seperti yang diumumkan oleh Toyota, Daihatsu, Suzuki, dan Mitsubishi.

Bahkan diler mobil Auto2000 juga aktif menyediakan program uji emisi gratis, untuk para pelanggannya. Lokasinya ada di 22 cabang, dan tersedia hingga akhir tahun ini.

Uji emisi di bengkel Auto2000

Photo :
  • Dok: Auto2000

“Pelanggan yang merasa dirugikan karena dipungut biaya dapat menghubungi cabang bersangkutan dan akan diambil tindakan sesuai aturan Perusahaan,” tutur Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara melalui keterangan resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya