Truk Listrik eActros 600 Sanggup Menempuh Seribu Kilometer Per Hari

Mercedes Benz eActros600
Sumber :
  • Doc. Mercedes Benz

Hamburg – Saat ini, proses elektrifikasi tidak hanya pada mobil dan motor, tetapi juga mulai merambah ke segmen kendaraan besar yaitu Truk. Mercedes-Benz pada 10 Oktober 2023, telah memperkenalkan eActros 600 secara global di Hamburg, Jerman, sebagai truk jarak jauh bertenaga baterai pertama. 

Spek dan Harga 7 Mobil Mewah Harvey Moeis yang Disita Kejagung, Rolls-Royce sampai Ferrari

Menariknya, eActros 600 diklaim mampu menempuh 500 kilometer tanpa pengisian daya. Bila, pengemudi melakukan pengecasan saat beristirahat di tengah perjalanan, maka eActros 600 bisa menempuh 1.000 km dalam per hari. 

Karin Radström selaku CEO Mercedes-Benz Trucks mengatakan bahwa eActros 600 mewakili transformasi transportasi angkutan barang di jalan raya menuju netralitas CO2. 

Viral Video Aksi Maling Curi Spion Mobil, Ada Cara Mencegahnya

Mercedes Benz eActros600

Photo :
  • Doc. Mercedes Benz

"Truk ini dilengkapi dengan teknologi penggerak yang sangat inovatif, yang menawarkan profitabilitas. Hal ini membuat e-mobilitas semakin menarik bagi operator armada," ujar Karin dalam keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif pada Kamis, 12 Oktober 2023. 

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Truk listrik heavy duty ini memiliki kapasitas baterai tinggi, lebih dari 600 kilowatt jam, sehingga model ini dinamakan 600. 

Terdapat tiga paket baterai yang disematkan pada eActros, masing-masing 207kWh. Bila di total, kapasitas baterai secara keseluruhan adalah 621 kWh. 

Mercedes Benz Trucks telah mengembangkan gandar listrik 800 volt baru dengan dua motor listrik dan transmisi empat kecepatan yang khusus untuk digunakan dalam pengangkutan jarak jauh. 

Mercedes Benz eActros600

Photo :
  • Doc. Mercedes Benz

Motor listrik menghasilkan output 400kW dan output puncak 600 kW, sehingga dapat memastikan akselerasi yang kuat, kenyamanan berkendara yang tinggi, dan dinamika berkendara yang luar biasa. 

eActros 600 juga telah dilengkapi dengan sistem kontrol perjalanan dan transmisi Predictive Powertrain Control (PPC), yang telah disesuaikan secara khusus dengan sistem penggerak listrik. 

Lebih lanjut, eActros 600 sangat senyap di jalan raya sehingga menguntungkan pengemudi dan juga lingkungan. 

Namun, untuk memastikan bahwa pengguna jalan lain mengetahui keberadaan truk listrik ini, eActros 600 dilengkapi dengan Sistem Peringatan Kendaraan Akustik - Acoustic Vehicle Alerting System (AVAS) eksternal sesuai dengan persyaratan hukum. 

Tergantung pada kondisi mengemudi, nada dapat dimainkan ketika berkendara maju atau mundur. Selain itu, suara bervariasi sesuai dengan kecepatan kendaraan dan posisi pedal gas, sehingga memastikan audiobilitas yang baik dalam lalu lintas perkotaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya