Warganet Ungkap Cara Polisi Tahu Pelat Nomor Palsu

VIVA Otomotif: Polisi tilang manual mobil berpelat nomor palsu
Sumber :
  • NTMC Polri

Jakarta, 24 Oktober 2023 – Pelat nomor merupakan identitas resmi yang harus dimiliki oleh setiap kendaraan bermotor. Fungsinya untuk memudahkan identifikasi kendaraan, baik oleh petugas kepolisian maupun masyarakat umum.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Sayangnya, masih banyak orang yang menggunakan pelat nomor palsu. Pelat nomor palsu dapat dibuat dengan berbagai cara, mulai dari yang sederhana hingga yang sangat mirip dengan pelat nomor asli.

Salah satu contohnya, seperti yang baru-baru ini terjadi di wilayah Cawang, Jakarta Timur. Dilansir VIVA Otomotif dari laman TMCPoldaMetro, seorang pengemudi Honda Brio tertangkap basah menggunakan pelat nomor palsu di mobilnya.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

VIVA Otomotif: Polda Metro Jaya menindak pengemudi yang pasang pelat nomor palsu

Photo :
  • Instagram @tmcpoldametro

Alasan mengapa pengemudi perempuan itu memiliki pelat nomor palsu, yakni demi bisa melintas di kawasan pemberlakuan pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem ganjil genap.

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

”Polri Sat Lantas Jakarta Timur melakukan penindakan kepada pengendara mobil yang menggunakan plat TNKB tidak sesuai surat2 kendaraan di sekitaran Traffic light Halim Baru Cawang Jaktim,” tulis pengelola akun.

Unggahan itu mendapat banyak komentar dari warganet. Sebagian besar dari mereka bertanya-tanya, bagaimana petugas bisa mengetahui bahwa pelat nomor yang dipasang adalah palsu.

”Selain fisik, gmn cara bapak Polisi tau klo itu plat palsu pak?” tanya salah satu warganet.

Tak lama kemudian, pertanyaan itu dibanjiri komentar oleh warganet lain. Beberapa dari mereka memberikan beragam informasi, tentang trik polisi mendeteksi pelat nomor palsu.

”Coba diterawang fontnya om baik baik hehehhe...serapih apapun tukang plat gak ada yang punya font sama, dimarketplace banyak tukang plat sabang sampai merauke perhatiin aja hasilnya dan bandingkan dengan yang asli, polri punya paten untuk font itu,” ungkap salah satu warganet.

”Ada aplikasi Samsat yg terintegrasi dengan alat yg dipegang bapak2 Polantas itu kak. Input nomor plat, langsung keluar data kendaraan,” ujar warganet lain.

”Di 3 huruf belakang huruf tengah nya itu kode bang, Mis. Fortuner kategori SUV pake plat PJO jadi POV kalo gol. Suv itu J atau lainnya deh kalo ga salah ada kode kode nya,” komentar warganet lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya