Canggihnya Pabrik Isuzu yang Berusia 61 Tahun

VIVA Otomotif: Ilustrasi pabrik Isuzu
Sumber :
  • Dok: IAMI

Fujisawa, 24 Oktober 2023Pabrik Isuzu Fujisawa di Jepang adalah salah satu pabrik terbesar Isuzu di dunia. Fasilitas produksi ini membuat berbagai macam kendaraan niaga, mulai dari light truck hingga heavy-duty truck.

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

Pabrik Isuzu Fujisawa berlokasi di Fujisawa, Kanagawa, Jepang. Luasnya lebih dari 100 hektare, dan didukung oleh 8.719 tenaga kerja. Operasionalnya dimulai pada 1962.

Pabrik ini memproduksi sebanyak 300.000 unit kendaraan pada tahun 2022, dan diperkirakan meningkat menjadi 314.000 unit pada tahun 2023.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Pabrik Isuzu Fujisawa menggunakan teknologi terkini, termasuk robot pada 95 persen proses welding atau pengelasan.  Fasilitas ini juga memiliki nilai Isuzu Monozukuri, yang menekankan pentingnya kualitas dan kejujuran.

VIVA Otomotif: Ilustrasi pabrik Isuzu

Photo :
  • Dok: IAMI
Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Isuzu sendiri didirikan pada 1916, yakni di masa awal budaya otomotif di Jepang, Perusahaan telah berkontribusi terhadap pengembangan industri mobil Jepang sejak lebih dari 100 tahun, khususnya di segmen kendaraan niaga.

Awal mulanya merupakan perusahaan galangan kapal yang kemudian bermitra dengan berbagai pelaku bisnis lain seperti Tokyo Ishikawajima Ship-Building dan Engineering Co Ltd serta Tokyo Gas and Electric Industrial Co.

Transfer Pengetahuan dan Keahlian ke Indonesia
Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) rutin mengirimkan SDM-nya ke pabrik Isuzu Fujisawa untuk menyerap teknologi dan pengetahuan manufaktur. Pengalaman ini telah mengubah pola pikir dan etos kerja karyawan IAMI.

Saat ini, IAMI menerapkan standar Isuzu global di pabriknya di Karawang. Standar ini mencakup aspek-aspek seperti kualitas, keselamatan, dan efisiensi.

Transfer pengetahuan dan keahlian dari pabrik Isuzu Fujisawa telah meningkatkan kualitas dan produktivitas kendaraan Isuzu di Indonesia. Hal ini terlihat dari meningkatnya angka penjualan kendaraan Isuzu di Indonesia.

Pada tahun 2022, Isuzu berhasil menjual sebanyak 40.000 unit kendaraan di Indonesia. Angka ini meningkat sebesar 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Isuzu Indonesia rutin mengirim karyawannya untuk training di Jepang. Mulai kerja bulan kedua, sampai bulan ke enam. Lalu ada dua minggu training Isuzu Monozukuri, yakni belajar standar proses manufaktur serta manajemen,” ujar Officer di Departemen Planning Control Delivery (PCD) Isuzu Indonesia, Erwin Sinaga, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi IAMI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya