Kenapa Honda CR-Z Dikagumi

IIMS 2010 : Honda CR-Z
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – Masyarakat Indonesia akhirnya bisa menyaksikan langsung Honda CR-Z di Jakarta International Motor Show, di JI Expo, Kemayoran, Jakarta.  CR-Z adalah salah satu hasil kreasi Honda yang banyak dikagumi orang.

Honda Compact Renaissance–Zero (CR-Z) adalah mobil yang menggabungkan performa dan tampilan sporty dengan teknologi hybrid ramah lingkungan. Honda CR-Z mengusung mesin 1,5 liter I-VTEC, dan juga system hybrid-elektrik Integrated Motor Assist (IMA). Konon, Honda mengklaim ini merupakan hybrid sport pertama di dunia.

Saat mobil berakselerasi mesin listrik dan bahan bakar minyak bekerja bersamaan, namun pada saat melakukan manuver pengereman dan menikung, daya yang dihasilkan oleh mobil disimpan pada peranti IMA berupa energi kinetik sehingga membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien.

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Peranti IMA sendiri dilengkapi oleh baterai bertenaga 100 volt. Performa mesin hybrid CR-Z mampu menghasilkan daya maksimal 122 tenaga kuda pada putaran mesin 6000.

Honda CR-Z juga menggabungkan tiga mode pengendaraan, yaitu sport, econ (ekonomis), dan pengendalian normal. Mode sport membuat performa mobil lebih responsif baik pada mesin maupun roda dan setir saat berada pada kecepatan tinggi.

Mode ekonomis membuat performa mesin disinergikan dengan pengemudian ramah lingkungan. Mode Econ dapat diaktifkan pada saat mobil melaju dalam keadaan konstan yang membuat mesin hanya dialiri tenaga baterai IMA saja, sehingga konsumsi BBM dapat ditekan.

Desain eksteriornya terkesan lebih dinamis dengan sumbu roda yang lebar serta gril depan yang lebar menambah kesan bahwa kendaraan ini sangat sporty.

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu

Honda CR-Z menggunakan velg Alloy 17 inchi serta suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang H-Torsion Beam. Peranti ABS dan EBD terdapat pada setiap roda, dan juga dilengkapi oleh peranti VSA untuk memudahkan pengendalian mobil.

Postur mobil yang rendah serta penempatan batere dan komponen hybrid lainnya di bawah area kargo belakang menghasilkan titik gravitasi yang rendah, merupakan kunci dari performa sporty dan responsif dari CR-Z. Electric power assisted rack and pinion steering semakin meningkatkan performa berkendara di mobil ini. Sayangnya, mobil  ini belum dipasarkan di Indonesia.

Anies hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih di KPU.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Anies juga merespons soal kemungkinan dirinya bergabung dengan koalisi Prabowo Subianto, termasuk jika ditawari kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024